Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Medali di Atas Estimasi, Menpora Sisir Anggaran

Jumat 12 Oct 2018 17:40 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) bersama atlet Judo Indonesia Miftahul Jannah (kedua kanan) tiba untuk menggelar konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Selasa (9/10).

Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) bersama atlet Judo Indonesia Miftahul Jannah (kedua kanan) tiba untuk menggelar konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Selasa (9/10).

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Jumlah medali yang diraih untuk emas saja sudah menyentuh angka 30.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perolehan medali Indonesia di Asian Para Games 2018 hingga hari ini sudah melebihi target semula yang hanya 16 medali emas. Hingga Jumat (12/10) sore, jumlah medali yang diraih untuk emas saja sudah menyentuh angka 30. Ini berimbas dari bonus yang akan diberikan oleh pemerintah.

“Kami punya estimasi pencapaian maksimal medali emas atau medali secara keseluruhan itu. Katakanlah 20 emas, 50 perak, mungkin juga 50 perunggu. Itu estimasi ya, tapi ternyata di lapangan semangat juang para atlet kita itu luar biasa sehingga melampaui estimasi itu,” kata Menpora Imam Nahrawi kepada media.

Menpora menambahkan untuk menutupi dana tersebut, pihaknya dibantu oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, atas saran Presiden Joko Widodo, untuk mencari tambahan anggaran. Salah satunya bersumber dari Kemenpora dengan melakukan penyisiran dana yang belum terserap. Yang dipilih adalah kegiatan-kegiatan yang tidak berdampak luas pada masyarakat, seperti rapat-rapat dan kunjungan-kunjungan ke luar negeri.

“Itu dipotong semua untuk pemenuhan bonus yang melebihi estimasi. Alhamdulillah, kita dapatkan dari bendahara anggaran, kementerian keuangan. Ini Alhamdulillah bisa mencukupi kebutuhan bonus itu sendiri,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Kemenpora semula menganggarkan sekitar Rp 204 miliar untuk bonus. Tapi dengan penambahan-penambahan ini, Kemenpora sedang mencadangkan sampai Sabtu (13/10) sore sekitar Rp 27 miliar lagi. 

"Bilamana masih ada tambahan pun, kami masih akan revisi secara internal untuk menambah itu,” kata dia.

Untuk penyerahan bonus dijadwalkan Sabtu. Meskipun besok masih ada yang bertanding, penyerahan bagi yang mendapatkan medali lebih awal.

"Yang belakangan pun kami jadwalkan untuk tetap diberikan langsung oleh Presiden,” kata Menopora. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA