Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Luis Milla Kirim Pesan ke Bima Sakti: See You

Rabu 17 Oct 2018 00:01 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Luis Milla Aspas.

Luis Milla Aspas.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bima mengaku terus menjalin kontak dengan pelatih asal Spanyol itu.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG — Pelatih sementara timnas Indonesia Bima Sakti Tukiman masih berharap Luis Milla Aspas kembali melatih skuat Garuda. Bima mengaku terus menjalin kontak dengan pelatih asal Spanyol itu.

“Komunikasi saya dengan Milla terakhir kali lewat WA (whatsapp). Dia kirim pesan 'see you',” ungkap Bima menirukan pesan Milla kepadanya seusai laga uji coba Indonesia Vs Hong Kong di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Selasa (16/10), yang berakhir imbang 1-1. 

Akan tetapi, Bima tak menjelaskan lebih lengkap tentang komunikasinya terakhir itu. Ia mengatakan, apa pun keputusannya nanti, ia meminta semua pihak menanti. Bima berjanji akan tetap mempertahankan dan mengembangkan permainan yang sudah Milla terapkan di timnas.

Ia menegaskan, apa pun yang menjadi keputusan bersama dengan PSSI, timnas harus tetap mampu meningkatkan gaya dan kualitas permainan. “Apa pun keputusannya nanti, kita harus bisa move on,” kata Bima.

Skor 1-1 tersebut menjadi hasil laga ketiga bagi timnas Indonesia setelah Milla tak lagi mendampingi skuat Garuda usai Asian Games 2018, Agustus lalu. Sejak itu, posisi pelatih sementara ada di tangan Bima Sakti, bersama mantan kapten timnas Dwi Kurniawan Yulianto. Keduanya berkoordinasi dengan Direktur Teknik PSSI Danurwindo. Di tangan para pelatih caretaker tersebut, timnas belum terkalahkan dalam tiga kali laga uji coba.

Sebelum ditahan imbang oleh Hong Kong, pekan lalu Indonesia menang telak 3-0 saat menghadapi Myanmar dalam laga uji coba. Sebelum itu, timnas Indonesia juga menang 1-0 saat beruji tanding kontra Mauritius. Tiga catatan hasil laga tersebut, sebagai modal kesiapan para penggawa timnas Indonesia menghadapi kejuaran Piala AFF 2018 yang akan digelar pada November.

Menuju Piala AFF, timnas Indonesia diharuskan sudah mempunyai pelatih tetap. Akan tetapi, sampai hari ini (16/10), belum ada kepastian tentang kontrak baru Milla. Bima pun mengungkapkan, komunikasi antara dirinya dengan Milla, terjadi sebelum laga Indonesia kontra Hong Kong. Bima mengungkapkan, ada kemungkinan Milla akan tiba di Jakarta dalam waktu dekat ini.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria saat ditemui wartawan juga mengungkapkan komunikasi terakhir dengan Milla. Kata Ratu, menurut tenggat waktu, Milla semestinya hadir seusai laga Indonesia Vs Hong Kong. “PSSI masih menunggu kabar kehadiran Milla sampai hari ini (Selasa),” ujar dia. 

Pada Rabu (17/10), Tisha mengatakan akan melaporkan kepada Komite Eksekutif (Exco) tentang hasil terakhir komunikasi dengan pelatih asal Spanyol tersebut.

“Ada atau tidak adanya kontra baru dengan Milla, ia tetap harus datang ke Jakarta,” ujar Tisha.

Ia mengatakan, kehadiran Milla kembali ke Indonesia bukan sekadar membahas kontrak baru. Melainkan sebagai pelaporan dari mantan pelatih Real Zaragoza tersebut atas kinerja 1,5 tahun menangani timnas Garuda. 

Lihat infografis statistik Luis Milla bersama timnas Indonesia:

photo
j

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA