Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Alderweireld Buka Peluang Kembali Bela Ajax

Rabu 24 Oct 2018 02:44 WIB

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah

Toby Alderweireld

Toby Alderweireld

Foto: EPA/PETER POWELL
Ia membuat hampir 200 penampilan untuk Ajax.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bek Tottenham Hotspur Toby Alderweireld mengungkapkan keinginannya kembali ke Ajax pada masa depan. Eks penggawa Atletico Madrid itu membuka peluang untuk kembali bergabung dengan klub yang membesarkan namanya di sepak bola Eropa.

Pemain timnas Belgia itu, memulai kariernya bersama klub Belanda sebelum hengkang ke Atletico Madrid pada 2013 dan bergabung dengan Spurs pada 2015. Ia membuat hampir 200 penampilan untuk Ajax dan membawa mereka raih gelar Eredivisie pada tiga kesempatan.

Meskipun mengatakan ingin kembali, Alderweireld menegaskan hanya akan pulang ke Amsterdam jika masih bisa menawarkan sesuatu yang bernilai kepada Ajax. Bek 29 tahun itu ingin, saat memperkuat Ajax nantinya, dapat memberikan kenang-kenangan kepada tim yang telah membesarkan namanya tersebut.

"Tidak ada yang mustahil," katanya kepada surat kabar Belanda, De Telegraaf, dikutip dari Sky Sports, Selasa (23/10). "Saya tidak ingin kembali pada usia 36 tahun dan hampir tidak bisa berjalan. Ketika kembali, pastinya saya ingin meninggalkan sesuatu dan tidak hanya di ruang ganti.”

Selain karena dekat dengan rumahnya di Belgia, alasan Alderweireld untuk kembali berkiprah di Amsterdam adalah ikatan emosional yang dijalinya bersama Ajax. Memperkuat klub selama delapan tahun tentunya bukan waktu yang singkat untuk menumbuhkan hubungan yang erat. Namun saat ini, Alderweireld mengaku belum terlalu memikirkannya. Pada masa depan, ia memastikan ingin pulang.

"Pada saat ini dalam karier saya, saya belum memikirkan hal itu. Saya pikir saya bisa bertahan selama bertahun-tahun di level ini. Jika saya akan melakukannya (pindah ke Ajax), itu bukan sesuatu yang (saya) anggap enteng,” jelasnya.

Alderweireld memiliki kurang dari satu tahun tersisa di kontraknya bersama Tottenham. Namun, manjamen the Lilywhites memiliki opsi untuk perpanjangan satu tahun dan mencakup klausul pelepasan 25 juta pound. 

Manchester United (MU) pernah meminatinya pada jendela transfer musim panas lalu. Akan tetapi, kesepakatan antara kedua belah pihak tak tercapai. Bebarapa waktu kemudian, Alderweireld bersikeras menyatakan bahwa ia tidak ingin meninggalkan Spurs.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA