Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

5 Bek Terbaik Liga Primer Inggris Musim Ini

Rabu 24 Okt 2018 06:49 WIB

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah

Harry Maguire

Foto:
Bek memiliki tugas yang berat untuk melindungi jantung pertahanan mereka.

Marcos Alonso

Marcos Alonso menandatangani kontrak dengan Chelsea pada 2016 dengan biaya sekitar 24 juta pound. Sejak itu pula, ia mengklaim posisi bek kiri atau bek sayap sebagai miliknya. Kini, pemain 27 tahun itu telah menjadi salah satu anggota penting the Blues.

Alonso sering dianggap sebagai pemain depan yang kebetulan menjadi pemain belakang. Ia memiliki kemampuan mencetak gol dari mana saja, dan itu membuatnya menjadi bek yang  istimewa. Dengan tinggi 1,88 meter, pemain timnas Spayol ini lihai di peran defensif dan pertarungan udara. Ia mampu membaca pertandingan dan selalu ingin belajar lebih banyak.

Alonso juga seorang eksekutor tendangan bebas yang baik. Ia menjadi salah satu pemain kunci Chelsea ketika berhubungan dengan bola mati. Sejauh ini, ia sudah mengantongi dua assist dan satu gol dari semua kompetisi untuk the Blues.

photo
Marcos Alonso

Kyle Walker

Kyle Walker merumput di Etihad pada 2017 dengan biaya transfer sekitar 50 juta pound. Sejak bergabung dengan Manchester City, Kyle telah menjadi pemain berbeda di bawah asuhan Pep Guardiola. Ia menjadi salah satu pemain kunci saat membawa pulang trofi Liga Inggris musim lalu.

Umpan pendek dan panjang bek Inggris itu semakin berbahaya semenjak kedatangan Guardiola sehingga menjadi keuntungan bagi City. Kyle adalah pemain yang sangat kuat. Meskipun tidak terlalu tinggi, postur tegapnya sangat membantu saat membawa bola dan duel udara. Yang paling penting sebagai seorang bek, ia tahu kapan harus maju dan bila saatnya harus tetap berdiri di posisinya.

Selain bertahan ia juga ia sangat mahir melepaskan umpan silang berbahaya ke dalam kotak penalti. Jika Mendy menyerang dari sisi kiri, maka Kyle menyerbu dari sisi kanan. Musim lalu, bek 28 tahun itu menciptakan enam assist dari umpan silangnya.

photo
Kyle Walker (kanan).

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta adalah bek sayap yang bergabung dengan Chelsea pada 2012. Sejak saat itu, ia telah membuat 205 penampilan untuk klubnya. Azpilicueta pemain yang sangat kuat. Kemampuannya ketika mengendalikan bola adalah salah satu yang terbaik di liga. Meskipun tingginya hanya 1,78 meter, ia tidak kalah dalam duel udara.

Konsistensi dan kepemimpinan bek timnas Spanyol ini, tak ternilai bagi Chelsea. Menurut pelatih the Blues sebelumnya, Antonio Conte, Azpilicueta salah satu yang terbaik di dunia.

Azpilicueta adalah bek yang sangat stabil. Ia tidak selalu diam di area pertahanan. Ia lebih sering membantu membangun serangan. Tetapi kemampuan tackling-nya adalah yang terbaik. Ia sangat lihai membuang umpan silang dan melakukan sliding tackle tanpa menyebabkan risiko penalti.

Bek 28 tahun itu juga sangat bagus dalam mengumpan. Dia memiliki 87 persen akurasi operan musim lalu. Kekuatan utamanya saat serangan, adalah umpan silang. Musim lalu ia mencatatkan enam assist untuk Chelsea.

photo
Cesar Azpilicueta (kanan).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA