Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Timnas U-19 Ungguli UEA 1-0 pada Babak Pertama

Rabu 24 Oct 2018 19:50 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Selebrasi gelandang timnas Indonesia U-19 Witan Sulaiman.

Selebrasi gelandang timnas Indonesia U-19 Witan Sulaiman.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Timnas U-19 butuh kemenangan dengan skor berapa saja untuk melaju ke delapan besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 membuka asa lolos ke perempat final Piala AFC U-19. Tim asuhan Indra Sjafri unggul 1-0 atas Uni Emirat Arab U-19 pada babak pertama laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10). Timnas U-19 butuh kemenangan dengan skor berapa saja untuk melaju ke delapan besar dari laga pamungkas Grup A Piala AFC U-19 ini.

Gol timnas U-19 dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-23. Ia memaksimalkan kesalahan bek UEA yang menahan bola tak sempurna. Setelah mencuri bola, ia menggiring hingga kotak penalti dan melepas tendangan rendah untuk menaklukkan kiper UEA Suhail Abdulla Almutawa.

Jalannya laga

UEA bermain agresif sejak awal. Pada menit keempat, striker Ali Saleh sudah mampu mengintimidasi gawang Indonesia. Peluang kembali didapat para penggawa tamu pada menit keenam. Namun, lini pertahanan Garuda Muda cukup solid tak membiarkan pemain lawan mencuri kesempatan membuka keunggulan. 

Para pemain Indonesia baru berhasil melakukan serangan pada menit ke-10 pertandingan. Pada menit ke-11, peluang pertama milik Indonesia akhirnay datang. Umpan dari bek kiri Firza Andika menuju pertahanan UEA. Ada Hanis Saghara yang dituju. Sayang sundulan pemain muda Bali United itu terlalu tinggi ke atas gawang. Skor masih 0-0 sampai menit ke-15. 

Yel-yel ‘Indonesia Harus Menang’ dari tribun penonton seperti memompa semangat para penggawa Garuda untuk terus menekan barusan pertahanan UEA. Pada menit ke-14, Egy Maulana Vikri punya peluang membuka keunggulan. Sayang usaha memaksimalkan umpan dari Saddil tak maksimal.

Egy lagi-lagi punya peluang pada menit ke-19 lewat sepakan kaki kirinya dari luar kotak 16. Sepakannya kali ini akurat ke gawang. Namun kiper Suhail Abdullah masih sigap.  Kerja keras para pemain Garuda Muda membuka keunggulan baru terjadi pada menit ke-23. Ini menjadi gol ketiga Witan sepanjang gelaran Piala AFC U-19

Keunggulan Indonesia bertahan sampai menit ke-30. Pada menit ke-31, UEA mencoba membalas. Pelanggaran bek Nurhidayat kepada Eid Khamis, membuat wasit menghukum Indonesia dengan tendangan bebas dari luar kotak 16. Eksekusi sepakan bebas yang dilakukan oleh Ali Saleh Amro menyasar ke gawang Indonesia. Namun kiper Muhammad Riyandi mudah mengantisipasi.

Pada menit ke-32, giliran Indonesia mendapat sepakan bebas di dekat kotak penalti. Sayang eksekusi oleh Saddil Ramdani, digagalkan kiper Suhail.

Aksi serangan lini tengah Indonesia pada menit ke-35, memporak-porandakan sekitar delapan pemain UEA yang berkumpul di lini pertahanan. Duet Egy dan Witan mencoba menggandakan keunggulan. Akan tetapi, upaya menggandakan kedudukan gagal setelah Witan tak mampu memaksimalkan umpan Egy. Sampai menit ke-40, skor tetap 1-0. 

Indonesia kembali punya peluang pada menit ke-45. Lagi-lagi lewat sepakan bebas ke gawang oelh Saddil. Sayang, sepakan gelandang milik Persela Lamongan itu belum juga berhasil menjebol gawang UEA. Sampai pluit tanda rehat, Indonesia tetap unggul 1-0 atas UEA.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA