Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Aturan Ini yang Buat Timnas U-19 ke Perempat Final AFC U-19

Rabu 24 Oct 2018 22:20 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10).

Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Indonesia lolos sebagai runner up Grup A.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final Piala AFC U-19. Kemenangan dengan skor 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (24/10), menempatkan Indonesia sebagai runner-up Grup A.

Aturan kompetisi yang diterapkan oleh AFC untuk Piala AFC U-19 menetapkan bahwa dua tim atau lebih yang memiliki poin akhir yang sama pada fase grup akan menggunakan aturan head to head. Itu artinya hanya hasil pertandingan yang melibatkan tim-tim dengan nilai sama ini saja yang dihitung.

Untuk Grup A, Qatar, UEA, dan Indonesia sama-sama mengumpulkan nilai akhir yang sama, yakni enam. Ketiganya sama-sama memetik kemenangan dari Cina Taipei.

Qatar yang kalah dari UEA dengan skor 1-2 berhasil mengatasi Indonesia 6-5. Ini membuat Indonesia wajib menang atas UEA agar bisa menyamai poin Qatar dan UEA. Kemudian, diterapkanlah perhitungan head to head.

Hitungan pertama yang dilihat adalah selisih gol memasukkan-kemasukan dari pertandingan yang melibatkan ketiga tim ini saja. Ternyata, Qatar, UEA, dan Indonesia, sama-sama mencatatkan selisih gol yang sama, yaitu nol. Jumlah gol yang dicetak sama persis dengan yang masuk.

Aturan selanjutnya adalah tim dengan agresivitas gol tertinggi dari laga di antara mereka. Qatar muncul di atas dengan catatan 7-7, hasil kemenangan 6-5 atas Indonesia dan kalah 1-2 dari UEA.

Indonesia berada di posisi kedua dengan catatan 6-6, hasil kekalahan 5-6 dari Qatar dan kemenangan 1-0 atas UEA. Sementara UEA berada di posisi ketiga dengan catatan gol memasukkan kemasukan 2-2. 

Andai tadi Indonesia bisa menang dengan selisih dua gol (2-0, 3-1, dan seterusnya) atas UEA, tim asuhan Indra Sjafri akan lolos sebagai juara Grup A sekaligus menghindari favorit juara Jepang di perempat final.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA