Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Beto: Timnas Harus Punya Ambisi untuk Juara Piala AFF

Senin 05 Nov 2018 18:00 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Striker Timnas Indonesia Alberto Goncalves merayakan golnya di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Rabu (10/10.

Striker Timnas Indonesia Alberto Goncalves merayakan golnya di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Rabu (10/10.

Foto: Sigid Kurniawan/Antara
Piala AFF tahun ini menjadi yang pertama bagi striker naturalisasi asal Brasil itu.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Striker timnas sepak bola Indonesia, Alberto ‘Beto’ Goncalves optimistis mampu meraih gelar juara di Piala AFF 2018. Beto menegaskan, ambisi juara tersebut harus ada dalam diri seluruh pemain dalam skuat Garuda.

Menurut Beto, tanpa ambisi, timnas Indonesia tak akan pernah mampu mencapai podium utama kejuaraan sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara itu. Ia mengatakan, tentu saja ambisi harus sejalan dengan upaya dan kerja keras.

“Saya bersama teman-teman di tim harus selalu berpikir positif. Kami harus berpikir untuk juara. Kalau pikiran untuk juara itu tidak ada, lebih baik tidak usah ikut,” kata Beto saat ditemui di sela-sela latihan timnas Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/11).

Beto bersama 22 rekannya sesama pemain timnas, menuntaskan pemusatan latihan terakhir di Cikarang pada Senin (5/11). Pada Selasa (6/11), para penggawa asuhan pelatih Bima Sakti Tukiman tersebut akan berangkat menuju Piala AFF 2018 yang akan dimulai pada 8 November. Laga perdana Indonesia terjadwal pada Jumat (9/11) menghadapi Singapura di National Stadium, Kallang.

Indonesia dan Singapura berada di Grup B. Di grup tersebut juga ada juara bertahan Thailand, Filipina, serta Timor Leste.

Piala AFF tahun ini menjadi yang pertama bagi Beto. Pemain milik Sriwijaya FC tersebut menjadi striker andalan baru timnas Indonesia setelah resmi dinaturalisasi dari Brasil tahun lalu. Di masa kepelatihan Luis Milla Aspas, Beto disiapkan menuju Asian Games 2018.

Sayang, saat Asian Games, timnas Indonesia kandas di babak 16 besar. Namun Beto mampu membuktikan diri sebagai striker yang layak bergabung bersama timnas dengan catatan lima gol sepanjang pesta akbar olahraga se-Asia pada Agustus lalu. 

Tampil perdana di Piala AFF bersama Indonesia, membuat Beto berambisi membawa gelar juara. Indonesia di gelaran tersebut belum pernah sekali pun meraih podium utama. Tercatat Indonesia lima kali menjadi runner-up. Ini membuat target meraih trofi juara Piala AFF menjadi keharusan bagi timnas Indonesia tahun ini. “Peluang untuk menjadi juara itu ada. Dan itu harus diperjuangkan sama-sama dan harus maksimal di lapangan,” kata Beto.

Selain menyemangati dirinya, bomber 37 tahun itu pun meminta semua pemain punya ambisi sama memenangkan semua pertandingan. “Yang ada dalam pikiran saya saat ini, bagaimana saya dan teman-teman nanti saat pertandingan bisa fokus untuk memenangkan pertandingan,” ujar dia menegaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA