Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Perseru Serui Optimistis Mampu Lolos dari Zona Degradasi

Senin 12 Nov 2018 00:17 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Logo Perseru Serui

Logo Perseru Serui

Foto: liga-indonesia.id
Perseru baru saja tumbang 1-4 dari Arema FC

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Terbenam di dasar klasemen Liga 1 2018 tak membuat Perseru Serui patah semangat. Tim asuhan pelatih Wanderley Junior tersebut percaya diri masih mampu lolos dari zona degradasi kompetisi utama nasional musim ini.

"Kami terus berhitung dengan kondisi saat ini. Peluang untuk lolos ke zona degradasi masih sangat terbuka. Jadi kami akan berusaha untuk tetap bertahan di Liga 1," kata Wanderlay usai laga Serui kontra Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Ahad (11/11).

Laga pada pekan ke-30 antara kedua kesebelasan, berakhir dengan kemenangan tim tuan rumah 4-1. Kemenangan Arema tersebut membuat Serui kini tersungkur ke dasar klasemen di peringkat ke-18 dengan nilai 32.

Namun menurut Wanderley, posisi tersebut masih dapat berubah. Sebab kata dia, saat ini selain Serui, ada empat tim yang juga sedang berjuang lolos dari zona usiran. Empat tim tersebut, yakni PSMS Medan, PS Tira, dan Sriwijaya FC.

Serui, bersama empat tim tersebut memang saat ini berada di zona terancam dengan selisih angka klasemen yang rapat. PSMS di peringkat ke-17, disusul PS Tira di peringkat ke-16.

Tiga tim terbawah tersebut yang saat ini terancam terusir ke Liga 2. Sedangkan Sriwijaya yang juga punya nilai 33 di tangga ke-15, juga terancam. Begitu juga Mitra Kukar FC di peringkat ke-14 dengan modal 36 angka.

Sriwijaya, PS Tira dan PSMS, belum melakoni pekan ke-30. Hasil laga tiga tim tersebut pada pekan mendatang akan membuat konstelasi papan bawah semakin tak menentu. Liga 1 2018 terhitung menyisakan enam pekan. Menurut Wanderley, masih ada 12 angka yang harus direbut para pemainnya demi tetap bertahan di kompetisi utama.

Pekan ke-31 mendatang, Sabtu (17/11) Serui akan menjamu Borneo FC. Sementara PSMS akan menjamu PS Tira menggenapkan pekan ke-30, pada Rabu (14/11). Sedangkan Sriwijaya akan menghadapi lawan tangguh Barito Putera.

"Kami (Serui) hari ini memang kalah dari Arema. Tapi kemenangan kami saat laga kandang nanti, dan hasil laga empat tim lain akan mengubah posisi klasemen bawah," kata Wanderley. 

(baca juga: Guardiola: Saya tak Mau Berteman dengan Mourinho)

Sementara Arema, dengan tiga angka tambahan dari Serui, mengembalikan posisi tim berjuluk Singo Edan itu ke tangga 10 besar. Tim asuhan pelatih Milan Petrovic tersebut kini berada di peringkat ke-9 dengan nilai 41.

Arema bersaing dengan Persebaya Surabaya dari tangga ke-8, dan Persipura Jayapura dari tangga ke-10, dengan nilai sama 41 angka di papan klasemen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA