Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Pikirkan Jadi Pelatih, Essien akan Kontak Mourinho

Selasa 27 Nov 2018 19:39 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Israr Itah

Michael Essien

Michael Essien

Foto: Instagram Michael Essien
Ia tidak memiliki klub sejak kontraknya habis bersama Persib tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain Chelsea yang pernah Persib Bandung Michael Essien sudah memikirkan opsi menjadi pelatih. Essien yang sudah berusia 36 tahun masih berstatus sebagai pemain profesional. Tapi ia tidak memiliki klub sejak kontraknya habis bersama Persib tahun lalu. 

"Kalau jadi pelatih, saya masih memikirkannya," kata Essien, dikutip dari Independent, Selasa (27/11).

Essien tidak mau buru-buru gantung sepatu karena masih ingin merasakan kompetisi sebagai pemain. Ia berharap dalam waktu dekat dapat menemukan klub yang tepat. 

Tapi suatu saat legenda timnas Ghana itu berharap dapat menjadi pelatih klub atau tim nasional. Andai sudah mantap menentukan pilihan menjadi pelatih, bekas pemain AC Milan dan Real Madrid itu akan berdiskusi dengan mantan bosnya di Chelsea Jose Mourinho. 

Walau sudah lama tidak berada di dalam satu tim, Essien masih menganggap Mourinho sebagai ayah angkat. Sebab Mourinho-lah yang membuat Essien menjadi pemain kelas dunia. Mou yang mendatangkan Essien ke Chelsea 2005 lalu dari klub Prancis Olympique Lyon. 

Awal 2018, Essien menyempatkan berkunjung ke Old Trafford untuk bertemu Mou. Essien tidak segan masuk ke ruang ganti tim The Red Devils untuk melepaskan kerinduan kepada pelatih asal Portugal tersebut. 

"Kalau saya jadi pelatih, orang pertama yang akan saya mintai masukan adalah Mourinho," ujar Essien. 

Essien malang melintang di sepak bola Eropa bersama Bastia, Lyon, Chelsea, Madrid, AC Milan, Panathinaikos sampai Benua Asia membela Persib. Dia sudah merasakan bermain di bawah asuhan beberapa pelatih kelas dunia mulai dari Mourinho, Carlo Ancelotti, Luiz Felipe Scolari, sampai Guus Hiddink.  Tapi di mata Essien, pelatih terbaik dan dekat dengannya adalah Mourinho. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA