Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Negara Eropa Siap Bertanding

Selasa 04 Dec 2018 05:17 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Citra Listya Rini

Tim nasional (timnas) Jerman.

Tim nasional (timnas) Jerman.

Foto: EPA-EFE/Christophe Petit-Tesson
Belanda dan Jerman berada di grup yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN  —  Neagra-negara di Eropa siap bertanding. Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengundi pembagian grup kualifikasi piala eropa 2020 di Dublin, Republik Irlandia, Ahad (2/12) lalu. Grup C paling menarik karena dihuni dua negara kuat, Belanda dan Jerman.

Kualifikasi piala eropa 2020 bakal dimulai sejak Maret 2019 hingga Maret 2020. Sebanyak 55 negara  dibagi dalam 10 grup. Dua tim teratas dari masing-masing grup lolos ke putaran final. 
 
Di grup A, Inggris akan menghadapi musuh yang relatif mudah yakni Republik Ceska, Bulgaria, Montenegro, serta Kosovo. Sebelumnya, kedua negara ini juga satu grup dalam gelaran UEFA Nations League 2018.
 
Portugal berada di Grup B, segrup dengan Ukraina, Serbia, Lithuania, dan Luksemburg. Yang menarik adalah pertemuan kembali Belanda dengan Jerman. Keduanya berkumpul di Grup C bareng Irlandia Utara, Estonia, dan Belarusia. 
 
Boleh dibilang Jerman berada dalam kelompok sengit pada kualifikasi Piala Eropa 2020. Legenda Der Panzer, Oliver Bierhoff mengomentari hasil undian timnya tersebut. Ia bersyukur Manuel Neuer cs kembali bertemu skuat negeri Kicir Angin.
 
"Kami memiliki kesempatan untuk membalas dendam terhadap Belanda," kata Bierhoff seperti dikutip dari FourFourTwo, Senin (3/12).
 
Sebelumnya, Jerman dan Belanda tergabung dalam grup yang sama di Liga Bangsa-Bangsa Eropa alias UEFA Nations League. Pada dua pertemuan, De Oranje mencatatkan sekali menang, dan sekali imbang. Hasil tersebut menandakan minornya catatan Jerman seusai gagal melewati babak penyisihan Piala Dunia 2018.
 
Kini, Die Manschaft mendengungkan asa kebangkitan. “Kami sadar jika ingin kembali ke puncak dunia, kami harus menghadapi lawan-lawan yang tangguh," ujar Bierhoff.
 
photo
Oliver Bierhoff
 
Melihat hasil undian kualifikasi Piala Eropa 2020, pelatih tim nasional (timnas) Belanda, Ronald Koeman, optimistis timnya bisa bersaing merebut tempat di putaran final. 
 
"Saya tidak senang (dengan hasil undian   Red) karena Jerman merupakan tim yang kuat. Akan tetapi Jerman tentu juga tidak akan happy dengan hasil undian itu," kata Koeman seperti dikutip Reuters. 
 
Beralhir ke grup lainnya, Grup D dihuni oleh Swiss, Denmark, Republik Irlandia, Georgia, dan Gibraltar. Sementara itu, Spanyol berada di Grup F dengan salah satu negara kuda hitam benua biru, Swedia.
 
Juara dunia Prancis berada di Grup H, bersama Islandia dan Turki. Belgia tergabung dengan Rusia dan Skotlandia di Grup I, sementara Italia bergabung dengan Bosnia dan Herzegovina di Grup J.
 
Piala Eropa nanti berlangsung pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Kali ini turnamen sepak bola tersebut berada dalam momen spesial. Piala Eropa tak terasa sudah berumur 60 tahun. UEFA lantas memakai format baru. Sebanyak 12 kota di 12 negara berbeada, jadi tuan rumah.
 
Kota-kota tersebut antara lain, Baku, Munich, Roma, Saint Petersburg, Copenhagen, Budapest, Amsterdam, Dublin, Bucharest, Glasgow, Bilbao, dan London. Partai semifinal dan final rencananya semuanya akan digelar di Stadion Wembley, London. n ed: citra listya rini
 
UNDIAN GRUP
GRUP A: Inggris, Republik Ceska, Bulgaria, Montenegro, Kosovo
GRUP B: Portugal, Ukraina, Serbia, Lithuania, Luksemburg
GRUP C: Belanda, Jerman, Irlandia Utara, Estonia, Belarusia
GRUP D: Swiss, Denmark, Republik Irlandia, Georgia, Gibraltar
GRUP E: Kroasia, Wales, Slovakia, Hungaria, Azerbaijan
GRUP F: Spanyol, Swedia, Norwegia, Rumania, Kepulauan Faroe, Malta
GRUP G: Polandia, Austria, Israel, Slovenia, Macedonia, Latvia
GRUP H: Prancis, Islandia, Turki, Albania, Moldova, Andorra
GRUP I: Belgia, Rusia, Skotlandia, Siprus, Kazakhstan, San Marino
GRUP J: Italia, Bosnia dan Herzegovina, Finlandia, Yunani, Armenia, Liechtenstein

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA