Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Alfredo Vera Siap Kembali ke Liga 2 Bersama Sriwijaya FC

Kamis 13 Dec 2018 17:50 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih kepala Sriwijaya FC yang baru Angel Alfredo Vera  memperlihatkan jersey tim Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Sumatera Selatan, Ahad (21/10/2018).

Pelatih kepala Sriwijaya FC yang baru Angel Alfredo Vera memperlihatkan jersey tim Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Sumatera Selatan, Ahad (21/10/2018).

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Selain Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan juga memburu kontrak Vera.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Meski Sriwijaya FC turun kasta ke Liga 2 2019, namun pelatih Angel Alfredo Vera mengaku siap jika kembali diminta membesut tim asal Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut. Vera mengatakan, ia memprioritaskan kesebelasan Laskar Wong Kito sebagai tim teratas dalam lanjutan karier kepelatiahannya di Liga Indonesia.

“Saya masih suka jika di Sriwijaya FC dan tidak ada masalah kalau nanti harus kembali ke Liga 2,” ujar Vera seperti mengutip laman resmi Sriwijaya FC, pada Kamis (13/12).

Menurut Vera, tantangan SFC di Liga 2 musim depan tentu menuntut kesebelasan tersebut agar lebih siap kembali ke kompetisi kasta utama musim selanjutnya. Liga 2 sebetulnya bukan kompetisi baru bagi Vera. Pada musim 2017, pelatih asal Argentina tersebut membawa Persebaya Surabaya menjadi juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1 2018.

Namun, setelah Persebaya naik kelas ke kompetisi kasta utama 2018, pada paruh musim manajemen manajemen Bajul Ijo memecatnya. Posisinya digantikan dengan pelatih Djadjang Nurdjaman, pelatih rival yang membawa PSMS Medan ke posisi runner-up Liga 2 2017.

Setelah hengkang dari Jawa Timur, Vera sempat menganggur beberapa pekan di Indonesia. Menjelang pertengahan paruh kedua Liga 1 2018, Sriwijaya meminang Vera sebagai pengganti pelatih Rahmad Darmawan yang hengkang dari Palembang, bersamaan dengan aksi eksodus para pemain.

Vera terhitung melatih Sriwijaya selama delapan pekan sebelum pungkas Liga 1. Selama membesut Laskar Wong Kito, Vera tercatat memberikan tiga kemenangan. Lima laga lainnya, Sriwijaya kandas.

Posisi akhir Sriwijaya di Liga 1 pun tak berhasil mempertahankan reputasi di Liga 1. Sriwijaya finis di tangga ke-17, dengan nilai akhir 39 angka. Tak cukup untuk keluar dari zona degradasi. Sriwijaya, ditemani dua tim lainnya melorot ke Liga 2. Yakni, Mitra Kukar, dan PSMS Medan.

Vera mengatakan, upaya mempertahankan Sriwijaya di Liga 1, bukan tak ia lakukan. Akan tetapi nasib berjkata lain. “Kemarin, saya sangat kekurangan waktu untuk membentuk sebuah tim yang solid. Di musim depan, Sriwijaya FC memang harus lebih punya persiapan yang lebih baik lagi,” kata dia.

Akan tetapi, meski Vera menyatakan siap kembali ke Sriwijaya dan berkompetisi di Liga 2, kepastian itu belum terang benar. Karena, usai Liga 1 2018, kontrak kepelatihan Vera bersama Sriwijaya pun pungkas.  Kini, Vera dalam persiapan pulang ke Argentina. “Besok Jumat (14/12), saya harus pulang kampung ke Argentina untuk merayakan Natal bersama keluarga,” sambung dia.

Sementara manajemen Sriwijaya di Palembang juga belum memutuskan tentang kelanjutan kontrak Vera atau memilih juru taktik yang baru. Sebab, selain Sriwijaya, di Kalimantan Timur, tim Liga 2 lainnya, Persiba Balikpapan, juga memburu kontrak Vera.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA