Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Solskjaer Jadikan Ferguson Inspirasi

Jumat 21 Dec 2018 08:57 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Ole Gunnar Solskjaer.

Ole Gunnar Solskjaer.

Foto: AP
Solskjaer merasakan berbagai masa kejayaan di bawah Fergie.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih sementara Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer mengatakan, gaya dirinya melatih lebih banyak menirukan mantan bosnya saat jadi penggawa the Red Devils, Sir Alex Ferguson. Pria asal Norwegia itu 11 tahun menjadi anak buah Fergie di MU.

Solskjaer merasakan berbagai masa kejayaan di bawah Fergie. Selama ini, Solskjaer mengonsumsi ilmu-ilmu Fergie saat memberikan arahan strategi dan meningkatkan motivasi pemain di ruang ganti.

"Saya mendapatkan gaya manajerial dari Ferguson. Dia telah memberikan pengaruh besar dalam hidup dan karier sepak bola saya," kata Solksjaer dikutip dari Four Four Two, Jumat (21/12).

Solksjaer yang berusia 45 tahun itu baru saja dipercaya menjadi caretaker pelatih MU pasca-pemecatan Jose Mourinho dari Old Trafford. Sebelumnya, pengalaman melatih Solksjaer dimulai klub Norwegia Molde sejak 2011-2014. Beberapa bulan di tahun 2014, ia pernah melatih klub Wales, Cardiff City. Sejak 2015 ia kembali ke Molde.

Debut Solksjaer sebagai manajer MU akan terjadi akhir pekan ini, Ahad (23/12), melawan Cardiff di Stadion Millenium. Melawan bekas tim yang ia asuh akan jadi pembuktian buat Solksjaer. Cardiff memecat Solksjaer 2014 lalu karena dianggap gagal menyelamatkan tim dari jerat degradasi ke Divisi III Liga Inggris.

Sekarang, rasa percaya diri Solskjaer sebagai pelatih sudah kuat. Pahlawan MU saat meraih trebel winner 1999 silam itu merasa pengalamannya sudah cukup panjang di dunia pelatih.

Solskjaer memaknai segala bentuk kegagalannya selama sebagai pelajaran. Kini ia siap menumpahkan sepenuhnya kemampuan untuk membantu MU. "Saya pernah memenangkan trofi, pernah terdegradasi. Sekarang saya benar-benar paham mengelola pemain," ujar dia menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA