Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Solari Sebut Mental Pemenang Jadi Kunci Kesuksesan Madrid

Ahad 23 Dec 2018 11:03 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Santiago Solari

Santiago Solari

Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Madrid meraih gelar juara dunia antarklub untuk kali ketiga secara berurutan.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Real Madrid meraih gelar juara Piala Dunia Antarklub untuk ketiga kalinya berturut-turut. Los Blancos mengalahkan Al Ain 4-1 pada laga final, Sabtu (22/12). Pelatih Madrid Santiago Solari menyebutkan, mental pemenang yang ada dalam timnya berkontribusi terhadap kesuksesan ini.

"Klub ini terbiasa mengulangi kesuksesan. Semakin banyak kamu menang, semakin kamu paham betapa sulitnya untuk menang," kata Solari dalam konferensi pers, dikutip Four Four Two, Ahad (23/12).

Pemain terbaik dunia, Luka Modric membuka gol kemenangan di menit ke-14. Llorente dan Sergio Ramos membuat Los Blancos unggul 3-0. Shiotani sempat memperkecil ketertinggalan Al Ain, sebelum akhirnya gol bunuh diri Nader pada injury time membuat Madrid memastikan gelar juara.

Solari mengaku senang dengan keseriusan para pemainnya dalam kompetisi ini. Timnya telah memenangkan dua pertandingan, meskipun bisa saja ada kejutan yang diterima timnya. Gelar ini merupakan yang keempat kalinya bagi Real Madrid, dan mengalahkan Barcelona yang telah mengoleksi tiga trofi.

"(Trofi) ini pantas untuk pemain (Madrid). Memenangkan tiga gelar Liga Champions dan tiga Piala Dunia Antarklub, itu sesuatu yang sulit diulang. Tim ini membuat sejarah,'' ujar Solari. 

Solar juga memuji performa Al Ain yang cukup bagus. Mereka adalah satu-satunya klub yang bukan juara di kejuaraan benua, namun dapat lolos hingga final. Al Ain, lanjut dia, berjuang hingga benar-benar tak sanggup lagi bermain. ''Penampilan Al Ain luar biasa,'' kata Solari. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA