Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

MU Sukses Kalahkan Tottenham di Stadion Wembley

Senin 14 Jan 2019 01:43 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Marcus Rashford

Marcus Rashford

Foto: EPA-EFE/Nigel Roddis
Gol kemenangan Setan Merah dicetak oleh Marcus Rashford pada babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester United berhasil menaklukan Tottenham Hotspur dalam laga pekan ke-22 Liga Primer Inggris di Stadion Wembley, Ahad (13/1) malam WIB. Gol kemenangan Setan Merah dicetak oleh Marcus Rashford pada babak pertama.

Rashford membuka keunggulan United pada menit ke-44. Namun, harus diakui, penampilan apik David De Gea di bawah mistar gawang United menjadi salah satu alasan keberhasilan United mencuri tiga angka dari lawatan ke Stadion Wembley tersebut. Berkat kemenangan 1-0 atas Spurs ini, MU berhasil memangkas jarak dengan Arsenal di papan klasemen sementara.

MU mempunyai poin yang sama dengan Arsenal, yang duduk di posisi kelima, dengan torehan 41 poin. Hasil ini juga menjadi kemenangan keenam secara berturut-turut yang diraih MU dibawah kepemimpinan Solkjaer.

Sementara buat Spurs, kekalahan ini membuat mereka terpuruk di peringkat ketiga dan gagal merangsek ke posisi kedua klasemen sementara. Laga di Stadion Wembley itu berlangsung panas sejak menit pertama. Tim tuan rumah mampu menguasai permainan dengan penguasaan bola mencapai 60,1 persen.

Tidak hanya itu, Spurs juga melepaskan tujuh tendangan ke arah gawang MU. Namun, meski kalah dalam hal penguasaan bola, tapi MU tampil lebih efektif. Tercatat, dari lima tendangan yang dilepaskan para penggawa MU, tiga diantaranya mengarah tepat ke gawang Spurs. Serangan MU pun terlihat lebih tajam ketimbang Spurs. Puncaknya, pada menit ke-44, MU mampu unggul lewat gol dari Marcus Rashford.

Berawal dari serangan balik cepat, Paul Pogba melepaskan umpan terobosan ke arah Rashford. Penyerang muda asal Inggris itu pun langsung merangsek ke jantung pertahanan Spurs. Lewat sepakan mendatar mengarah ke pojok kanan bawah, Rashford berhasil menaklukan kiper Spurs, Hugo Lloris. United akhirnya mampu menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol.

Sebenarnya, Spurs sempat mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-31. Sayangnya, Kane telah berada dalam posisi offside saat memanfaatkan bola umpan dari Kieran Tippier. Pada babak kedua, Spurs langsung mengancam lewat tendangan terarah yang dilepaskan Son Heung-Min. Namun, bola hasil tendangan penyerang asal Korea Selatan itu masih bisa ditangkap David De Gea.

MU balik mengancam lewat tendangan dari Paul Pogba, tepatnya pada menit ke-56 dan menit ke-58. Namun Lloris masih bisa menghalau bola hasil tendangan keras gelandang asal Prancis tersebut. Penampilan apik tidak hanya ditunjukan oleh Lloris. Di bawah mistar gawang MU, De Gea juga mampu tampil impresif.

Pada menit ke-66, kiper asal Spanyol itu berhasil menghalau tendangan keras dari Delle Ali dari dalam kotak penalti. Pun pada menit ke-70, saat mantan kiper Atletico Madrid itu mampu menangkap tendangan bebas Hary Kane, dari luar kotak penalti, dengan begitu sempurna. Selain itu, peluang emas Delle Ali, kala mampu merangsek ke jantung pertahanan, United juga bisa digagalkan De Gea.

Dalam rentang waktu 10 menit, setidaknya empat serangan mematikan Spurs mampu dipatahkan De Gea. Secara keseluruhan, hingga laga berjalan selama 74 menit, De Gea telah melakukan sembilan penyelamatan penting di bawah mistar gawang United.

Demi menambah daya gedor timnya, pelatih Spurs, Mauricio Pochettino, akhirnya memasukan Fernando Llorente. Penyerang asal Spanyol itu masuk menggantikan gelandang Harry Winks pada menit 81. Sementara di kubu United, pelatih Ole Gunnar Solskjaer memutuskan untuk menggganti Jesse Lingard dengan Diogo Dalot.

Hampir dalam 30 menit terakhir laga, Spurs memang terus mengurung pertahanan United. Namun, hampir semua usaha para penggawa Spurs selalu berakhir dengan aksi penyelamatan dari De Gea. Tercatat, dari 21 tendangan yang dilepaskan para penggawa Spurs, 11 diantaranya mengarah ke gawang, tapi tidak ada yang merobek gawang United.

Spurs pun harus rela kehilangan tiga angka di laga kandang mereka sekaligus mengakhiri rentetan kemenangan di tiga laga sebelumnya di semua ajang. Sementara United berhasil mencatatkan enam kemenangan beruntun di semua laga.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA