Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

PIALA ASIA 2019

Korsel Lolos Dengan Status Juara Grup C

Kamis 17 Jan 2019 12:51 WIB

Red: Didi Purwadi

Pemain Timnas Korea Selatan, Son Heung-min (kanan), menghadapi kepungan pemain Cina dalam laga Grup C Piala Asia 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (16/1).

Pemain Timnas Korea Selatan, Son Heung-min (kanan), menghadapi kepungan pemain Cina dalam laga Grup C Piala Asia 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (16/1).

Foto: EPA-EFE/Ali Haider
Korsel kini akan menghadapi tim peringkat ketiga terbaik dari Grup A, B, atau F.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Korea Selatan (Korsel) menutup perjalanannya di fase Grup C Piala Asia 2019 dengan memuncaki klasemen. Taegeuk Warriors, julukan timnas Korsel, keluar sebagai juara Grup C berkat kemenangan 2-0 atas Cina dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Rabu (16/1) malam waktu setempat.

Kedua gol kemenangan pasukan Paulo Bento itu dibukukan melalui penalti Hwang Ui Jo (14') dan Kim Min Jae (51'). Hasil positif ini membawa Korsel menduduki pucuk klasemen dengan nilai sempurna, yakni sembilan poin.

''Sedangkan Cina yang juga telah memastikan lolos ke 16 besar, berada di peringkat kedua dengan enam poin,'' demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung Min, memperlihatkan pengaruhnya pada penampilan perdananya di turnamen ini. Ia sebelumnya mendapat izin untuk absen saat timnya menang atas Filipina dan Kirgistan.

Son membuat timnya mendapat hadiah penalti yang sukses dikonversi oleh Hwang untuk membuka keunggulan timnya. Ia juga berkontribusi atas terciptanya gol kedua Korsel. Son melepaskan tendangan sudut untuk disambut tandukan Kim yang menggandakan keunggulan pada awal babak kedua.

Ini merupakan kemenangan yang layak didapat Korsel, yang terlihat tampil jauh lebih meyakinkan dengan keberadaan Son di tim mereka. Kedatangannya semestinya mendongkrak harapan untuk melaju lebih jauh di turnamen yang tidak pernah mereka menangi sejak 1960.

Korsel kini akan menghadapi tim peringkat ketiga terbaik dari Grup A, B, atau F. Sedangkan Cina asuhan Marcello Lippi, akan bertemu Thailand di fase gugur.

Hwang gagal memanfaatkan peluang pada situasi satu lawan satu, sementara Kim menanduk bola melebar beberapa saat kemudian. Son kemudian dilanggar Zheng Zhi dan Shi Ke di mana Hwang sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Pada menit ke-51, Kim menanduk bola tendangan sudut kiriman Son ke tiang dekat untuk menggandakan keunggulan Korsel. Kim Moon Hwan melepaskan sepakan menyudut yang masih terlalu keras, sedangkan Kim Jin Su dan Hwang Hee Chan juga memiliki peluang yang semestinya dapat berujung kepada gol ketiga.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:
Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung Gyu, Kim Moon Hwan, Kim Jae Min, Kim Young Gwon, Kim Jin Su, Jung Woo Young, Hwang In Beom, Hwang Hee Chan, Lee Chung Young (81'), Joo Se Jong , Son Heung Min (Koo Ja Cheol 89'), Hwang Ui Jo (Ji Dong Wong 70')

Cina (4-3-3): Yan Junling, Zhang Linpeng, Liu Yiming, Shi Ke, Zhang Chengdong, Jin Jingdao, Zheng Zhi (Chi Zhongguo 57'), Zhao Xuri, Wu Xi (Gao Lin 61'), Yu Dabao, Liu Yang (Yu Hanchao 74') (H-RF).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA