Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Menang di Kandang Girona, Barca Masih di Pucuk Klasemen

Senin 28 Jan 2019 00:55 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Gelandang Girona Alex Granell membayangi penyerang Barcelona Lionel Messi dalam pertandingan antara Girona FC dan Barcelona

Gelandang Girona Alex Granell membayangi penyerang Barcelona Lionel Messi dalam pertandingan antara Girona FC dan Barcelona

Foto: EPA/ANDREU DALMAU
Tiga angka dari Girona menjaga jarak dengan Atletico Madrid yang memiliki nilai 44

REPUBLIKA.CO.ID, GIRONA -- FC Barcelona masih merajai posisi klasemen sementara La Liga Spanyol 2018/2019. Usai mengalahkan Girona FC dengan skor 0-2 pada pekan ke-21 di stadion Montivili, Ahad (27/1), skuat the Blaugrana menegaskan kepemimpinannya di puncak klasemen sementara.

Barca kini teratas dengan nilai 49. Tiga angka dari Girona, menjaga jarak aman dari Atletico Madrid, yang mengancam dari tangga kedua dengan nilai 44. Kemenangan di kandang Girona, sekaligus mencatatkan sembilan laga the Cules  tanpa kekalahan di La Liga. 

Barca, terakhir kali kandas pada pekan ke-11, saat tandang ke markas Real Betis dengan skor 4-3. Sementara Girono, hasil negatif di kandang membuat tim tersebut stagnan di papan tengah. Girona bersaing tempat di tangga ke-13 dengan RCD Espanyol dengan nilai sama 24. 

Saat laga di Montivili, keunggulan Barca sudah tampak sejak awal. Seperti di laga-laga lain, Lionel Messi dan kawan-kawan menguasai lapangan dengan dominasi bola yang mapan. Di menit kesembilan, gol oleh bek kanan Nelson Semedo, membuka keunggulan Barca menjadi 0-1. Keunggulan satu gol, bertahan sampai babak pertama pungkas.

Di babak kedua, permainan defensif yang keras dari penggawa Girona, berhasil meradam dominasi Barca. Sayang, tak ada kesempatan bagi para penggawa asuhan Eusebio Sacristan membalas gol tertinggal. Justru malang tuan rumah, pada menit ke-51 kartu kuning kedua kepada bek Bernardo Espinosa, membuat Girona kehilangan satu pemain lantaran kartu merah.

Akan tetapi, unggul satu gol, dengan dominasi masif permainan, dan komposisi pemain yang tak lengkap, tak lantas membuat para pemain asuhan pelatih Ernesto Velvarde mudah mencari gol tambahan. Para pemain Girona, pun buntu menyamakan kedudukan. Di menit ke-68, usaha Barca menggandakan kedudukan baru terjadi. 

Kali ini, Messi mencatatkan namanya di papan angka dan membuat skor menjadi 0-2. Gol Messi kali ini, menjadi skor yang ke-19 miliknya di musim La Liga berjalan. Sekaligus masih mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sampai pekan ke-21 Liga Spanyol. Skor 0-2 bertahan sampai menit ke-80-an.

Sepanjang menit penghabisan, tak ada gol yang terjadi. Sampai menit ke-90, laga yang dihiasi sedikitnya sembilan kali kartu kuning membuat wasit memberikan tambahan waktu selama empat menit. Namun di masa injury time, Girona pun tak mampu mengejar skor tertinggal. Sampai pluit tanda bubar, Barca membawa pulang tiga angka lewat kemenangan 0-2.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA