Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

LA Galaxy Dirikan Patung untuk David Beckham

Ahad 10 Feb 2019 02:25 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

David Beckham

David Beckham

Foto: AP
Penghormatan ini berkat kontribusinya mengangkat nama klub, MLS, dan sepak bola AS.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Legenda tim nasional (timnas) Inggris David Beckham menjadi sosok pertama yang mendapat kehormatan berupa persembahan patung dari Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat. Patung Beckham nantinya akan dipajang di bagian luar Dignity Health Sports Park Stadium, markas Los Angeles (LA) Galaxy.

Galaxy mempersembahkan pengormatan berupa patung buat pria yang bernama lengkap David Robert Joseph Beckham itu berkat kontribusinya mengangkat nama klub, MLS, dan sepak bola Amerika Serikat (AS) di mata dunia. Sebelum Bekcham datang ke AS tahun 2007 lalu, tidak banyak yang mengenal MLS.

Pamor sepak bola di Negeri Paman Sam kalah dibandingkan sepak bola Amerika Latin seperti dari Brasil dan Argentina. Ditambah lagi olahraga paling populer di AS seperti NBA dan rugby sedikit banyaknya membuat minat warga AS pada sepak bola tidak tinggi. Tapi keadaan berubah sejak Beckham hengkang dari Real Madrid dan bergabung dengan Galaxy.

"Beckham akan abadi di MLS karena akan ada patungnya di Stadion Dignity Health Sports Park," begitu laporan dari BBC, Sabtu (10/2).

Beckham menjadi pemain sepak bola pertama dalam sejarah MLS yang dibuatkan patung. Patung dengan wajah ayah dari Brooklyn Beckham, Romeo James Beckham, Harper Seven Beckham, dan Cruz Beckham, itu akan diluncurkan pada 2 Maret nanti. Peluncuran patung akan dibarengi dengan laga pembuka MLS musim 2019 antara Galaxy melawan Chicago Fire.

Beckham lima tahun membela LA Galaxy sejak 2007 sampai 2012. Selama itu, mantan bintang Manchester United (MU) tersebut mempersembahkan dua Piala MLS dan dua Piala Supporters'Shield.

Sumbangsih trofi dari Becks buat Galaxy mungkin tidak sebanding dengan endourse yang diberikan Beckham terhadap sepak bola AS. Kehadiran Beckham seakan membuka jalan buat eksodus bintang-bintang yang sebelumnya merumput di liga-liga top Eropa untuk ikut hijrah ke AS. Sebut saja Ricardo Kaka, Frank Lampard, Steven Gerard, David Villa, Thierry Henry, Wayne Rooney, sampai Zlatan Ibrahimovic meramaikan MLS setelah Beckham.

Kepindahan Beckham ke Galaxy 12 tahun lalu membuat heboh dunia sepak bola. Saat itu, Bekham masih berusia 33 tahun dan dinilai masih punya kemampuan untuk berlaga di level tertinggi Eropa. Kepindahan Becks dari Madrid diawali dengan drama perselisihan dengan pelatihnya Fabio Capello sejak pertengahan musim 2006/2007.

Kala itu, Capello mencadangkan Beckham karena menilainya telah menurun. Don Fabio sempat berbulan-bulan membekukan Beckham.

Saat itulah, superstar lapangan hijau itu menandatangani kesepakatan dengan Galaxy. Walau Becks dan Capello berdamai menjelang akhir musim, tetap tidak mampu lagi mencegah niat suami Victoria Beckham itu hijrah ke Los Angeles.

Beckham menyelesaikan kariernya di Galaxy tahun 2012. Ia pindah ke Paris Saint-Germain sampai akhirnya pensiun di klub Ligue 1 Prancis itu pada 2013.

Walau sudah tidak aktif lagi sebagai pemain profesional, Beckham tetap memberikan kontribusi buat sepak bola AS. Mantan kapten timnas Inggris itu meramaikan MLS dengan mendirikan klub baru bernama Inter Miami. Di sana Beckham menjadi pemilik saham mayoritas. Inter Miami mulai musim ini akan berlaga di MLS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA