Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Pele Unggah Tulisan Penghormatan kepada Banks

Selasa 12 Feb 2019 23:10 WIB

Red: Israr Itah

Gordon Banks saat membuat penyelamatan dari tandukan Pele. Mandatory Credit : Action Images / Sporting Pictures

Gordon Banks saat membuat penyelamatan dari tandukan Pele. Mandatory Credit : Action Images / Sporting Pictures

Foto: REUTERS
Banks disebut-sebut membuat penyelamatan abad ini pada Piala Dunia 1970 Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, SAOPAULO -- Kiper legendaris Inggris Gordon Banks meninggal dunia pada usia 81 tahun, Selasa (12/2). Namanya akan selalu dikaitkan dengan kejayaan sepak bola Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966 serta legenda Brasil Pele.

Banks disebut-sebut membuat penyelamatan abad ini pada Piala Dunia 1970 Meksiko. Ketika itu, ia berjibaku mengadang tandukan Pele yang dipantulkan lebih dulu ke tanah untuk mencegah gawang Inggris kebobolan dalam laga di Guadalajara. Pele memuji Banks sebagai orang baik dan "penjaga gawang dengan sihir."

Kepergian mantan kiper Inggris berusia 81 tahun itu diumumkan oleh mantan klubnya Stoke City pada Selasa. Pujian Pele disampaikan lewat unggaha di Facebook. Berikut tulisan Pele tentang Banks:

"Bagi banyak orang, ingatan mereka tentang Gordon Banks ditentukan oleh penyelamatan yang ia lakukan terhadap saya pada tahun 1970. Saya mengerti kenapa."

"Penyelamatan adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat - dalam kehidupan nyata dan dalam ribuan pertandingan yang telah saya tonton sejak itu."

"Ketika Anda seorang pemain bola, Anda langsung tahu seberapa baik Anda menanduk  bola. Saya menyundul tepat seperti yang saya harapkan. Tepat di mana saya ingin pergi. Dan saya siap untuk merayakannya."

"Tapi kemudian pria ini, Banks, muncul di hadapanku, seperti sejenis hantu biru, adalah bagaimana saya menggambarkannya. Dia datang entah dari mana dan dia melakukan sesuatu yang saya rasa tidak mungkin. Dia mendorong bola saya, entah bagaimana, ke atas. Dan Saya tidak percaya apa yang saya lihat. Bahkan sekarang ketika saya menontonnya, saya tidak bisa mempercayainya. Saya tidak percaya bagaimana dia bergerak sejauh ini, begitu cepat. "

"Saya mencetak begitu banyak gol dalam hidup saya, tetapi banyak orang, ketika mereka bertemu saya, selalu bertanya kepada saya tentang penyelamatan itu. Walaupun itu memang fenomenal, ingatan saya tentang Gordon tidak ditentukan oleh itu - itu ditentukan oleh persahabatannya. Ia adalah pria yang baik dan hangat yang memberi begitu banyak kepada orang-orang, "tulis Pele yang berusia 78 tahun.

"Jadi saya senang dia menyelamatkan percobaan saya, karena tindakan itu adalah awal dari persahabatan di antara kami yang akan selalu aku hargai. Setiap kali kami bertemu, selalu seperti kami tidak pernah berpisah."

"Saya memiliki kesedihan besar di hati saya hari ini dan saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang sangat ia banggakan."

"Beristirahatlah dengan tenang, temanku. Ya, kamu adalah penjaga gawang dengan sihir. Tapi kamu juga jauh lebih banyak. Kamu adalah manusia yang baik." 

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA