Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

PSSI: Ajang Piala Presiden untuk Bekal Klub Arungi Liga

Rabu 27 Feb 2019 16:35 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Sekertaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Sekertaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Turnamen akan diikuti 20 klub dengan penyisihannya digelar di lima kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria menyampaikan bahwa Piala Presiden menjadi bekal bagi klub yang akan menjalani kompetisi di liga. Pada Piala Presiden 2019, operator penyelenggaraan turnamen pramusim dilaksanakan langsung oleh PSSI.

Turnamen akan diikuti 20 klub dengan penyisihannya digelar di lima kota. “Kami konsisten menggelar Piala Presiden 2019 sebagai turnamen pramusim yang diharapkan menjadi bekal bagi klub-klub Liga 1 untuk mengarungi kompetisi musim depan,” ujar Ratu dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/2).

Selain itu, Ratu mengatakan, laga pramusim tahun 2019 ini menjadi ajang uji coba badan independen wasit profesional yang digagas oleh federasi sepak bola Indonesia. PSSI ingin menjadikan Piala Presiden 2019 sebagai ajang pertama untuk menjajal berdirinya badan independen wasit profesional. "Badan ini merupakan gagasan federasi sepak bola Indonesia hasil kerja sama dengan asosiasi sepak bola Jepang (JFA),” jelasnya.

Turnamen sepak bola Piala Presiden kembali digelar keempat kalinya. Kali ini, Piala Presiden 2019 bakal digelar dengan kick-off pada Sabtu, 2 Maret 2019, di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Bandung.

Fase grup Piala Presiden 2019 akan berlangsung di lima kota, yakni Bandung, Malang, Magelang, Sleman, dan Bekasi. Sebanyak 18 klub Liga 1 menjadi peserta, ditambah dua klub tambahan dari Liga 2, yakni Persita Tangerang dan Mitra Kutai Kartanegara.

Pada edisi perdana 2015 dibuka di Bali dan ditutup di Senayan. Persib keluar sebagai juara setelah menaklukkan Sriwijaya FC 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Berikutnya, pada 2017 dibuka di Sleman dan ditutup di Bogor. Arema yang menjadi kampiun setelah menang 5-1 atas Pusamania Borneo FC di Stadion Pakansari, Cibinong.

Tahun lalu atau 2018, dibuka di Bandung dan ditutup di Senayan. Persija sukses menjadi yang terbaik dengan menaklukkan Bali United 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA