Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Misi Mustahil Borussia Dortmund

Selasa 05 Mar 2019 06:12 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Citra Listya Rini

Para pemain Borussia Dortmund.

Para pemain Borussia Dortmund.

Foto: EPA/FRIEDEMANN VOGEL
Tottenham Hotspur tetap mewaspadai Die Borussen meski satu kaki di perempat final.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND  —  Borussia Dortmund akan menjamu tamunya dari Inggris, Tottenham Hotspur pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (6/3) dini hari WIB. Die Borussen harus menjalankan misi berbau sedikit mustahill agar tidak tersingkir dari Liga Champions. 

Ini mengingat Borussia Dortmund kalah 0-3 pada leg pertama ketika bertandang ke Stadion Wembley alias kandang Spurs. Tiga gol the Lilywhites dicetak Heung-Min Son, Jan Vertonghen, dan Fernando Llorente. Jika gagal mencetak empat gol tanpa balas, Borussia Dortmund dipastikan tersingkir dari Liga Champions. 

Perjalanan terjal harus dilalui klub Bundesliga itu pada babak 16 besar. Padahal pada fase grup, tampil Borussia Dortmund begitu perkasa dengan hanya satu kali kalah dari Atletico Madrid. Namun, memasuki fase gugur, Marco Reus dan kawan-kawan melempem saat berhadapan dengan Spurs.

Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre membantah timnya sedang dalam kondisi tidak baik. Menurut dia, lawan-lawan yang mengalahkan Borussia Dortmund dapat memanfaatkan seluruh kesempatan, namun tidak dengan anak asuhnya. "Kami melakukan kesalahan yang tidak perlu, dan itu membuahkan gol bagi lawan," kata Favre seperti dilansir 90min.

Pelatih berkebangsaan Swiss itu meminta skuat asuhannya tetap tenang menatap laga di Signal Iduna Park. Favre berharap kesalahan yang dibuat timnya pada leg pertama tak diulangi lagi. 

Borussia Dortmund hanya memiliki satu kesempatan untuk menjaga asa bertahan di Liga Champions. Dengan defisit agregat tiga gol, mau tidak mau Borussia Dortmund harus bermain menyerang tanpa ampun. 

photo
Lucien Favre

Secara keseluruhan, Borussia Dortmund memiliki catatan impresif urusan mencetak gol. Pada musim ini di seluruh kompetisi, Borussia Dortmund mencetak 118 gol dari 52 laga atau rata-rata terdapat minimal dua gol yang dilesakkan Jadon Sancho cs.

Di sisi lain, Spurs diprediksi tidak akan membiarkan satu kaki di perempat final diambil begitu saja oleh  Borussia Dortmund. Pencapaian terbaik Spurs di Liga Champions ketika melaju ke babak perempat final pada 2010/2011. 

Meski memiliki keunggulan agregat gol yang tidak sedikit, armada the Lilywhites akan bermain habis-habisan untuk melangkah lebih jauh di Liga Champions. Kendati demikian, klub London Utara itu sedang dalam kondisi yang tidak jauh berbeda dengan Borussia Dortmund.

Pemain inti seperti Jan Vertonghen, Eric Dier, Dele Alli diragukan tampil di pada laga itu. Bahkan sang ujung tombak, Harry Kane juga dikabarkan cidera setelah pertandingan Derbi London Utara kontra Arsenal.

photo
Pesepakbola Tottenham Hotspur Heung-Min Son berusaha mengontrol bola dibayangi pesepak bola Borussia Dortmund.

Spurs juga menderita dua kekalahan dalam enam pertandingan terakhir. Meski begitu, tim yang dilatih Mauricio Pochettino memiliki catatan apik soal urusan gol. Selama musim 2018/2019 ini bergulir, Spurs mencatat 92 gol dari 47 laga di semua kompetisi. Setidaknya, Spurs berhasil merobek gawang lawan sebanyak dua gol per laga.

Bek Spurs Danny Rose mengatakan, ia dan teman-temannya diminta pelatih tak bermain ngotot menghadapi pertandingan melawan Borussia Dortmund. Pochettino meminta para pemainnya bermain rileks di Signal Iduna Park. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA