Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Drama 6 Gol, Liverpool Taklukkan Burnley 4-2

Ahad 10 Mar 2019 21:03 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Penyerang Liverpool Roberto Firmino merayakan golnya ke gawang Burnley.

Penyerang Liverpool Roberto Firmino merayakan golnya ke gawang Burnley.

Foto: Peter Byrne/PA via AP
Tambahan tiga poin membuat Liverpool punya nilai 73, hanya terpaut satu dari City.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool terus menempel Manchester City di puncak klasemen Liga Primer Inggris. Ini setelah Liverpool menaklukkan Burnley 4-2 dalam pertandingan pekan ke-30 yang berakhir cukup dramatis di Stadion Anfield, Ahad (10/3). Roberto Firmino dan Sadio Mane masing-masing mencetak dua gol pada laga ini.

Baca Juga

Tambahan tiga poin membuat Liverpool punya nilai 73, hanya terpaut satu dari City. Sementara Burnley berada di peringkat ke-17 atau batas aman terakhir dari zona degradasi dengan nilai 30.

Jalannya laga

Liverpool menunjukkan tekad mereka mengincar tiga angka sejak kick-off. The Reds langsung melancarkan serangan ke kubu tamu yang memilih bertahan rapat menumpuk pemain di kotak 16.

Publik Anfield terhenyak saat gawang tim kesayangan mereka kebobolan pada menit keenam. Melalui sepak pojok yang sebenarnya bisa dihindari, Burnley mencetak gol. Westwood melepaskan bola dari sisi kiri langsung ke tiang jauh. Kiper Liverpool Alisson sulit bereaksi karena dijepit oleh pemain Burnley, tapi wasit Andre Marriner mengesahkan gol tersebut.

Kebobolan membuat Liverpool tersengat. Dengan bermain sabar, Liverpool akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-16.

Berawal dari Mohamed Salah yang beroperasi melebar di kanan, ia menerima bola kemudian berakselerasi ke pertahanan Burnley. Ia kemudian melepas umpan silang menyusur tanah. Bola tak bisa diantisipasi sempurna oleh kiper Burnley Tom Heaton yang tampak salah pengertian dengan satu rekannya yang mencoba menghalau bola. Si kulit bundar melaju ke depan gawang dan dengan mudah diteruskan Firmino yang sudah menanti tanpa kawalan.

Liverpool kemudian balik memimpin 10 menit kemudian. Kali ini berawal dari kesalahan lini belakang Burnley dalam menyapu bola, padahal dalam kondisi tak tertekan. Akibat salah pengertian, bola bergerak liar dan coba dikuasai Salah, tapi kemudian mengarah ke Mane yang tanpa kawalan. Tanpa berpikir panjang, Mane langsung melepas tendangan melengkung ke sudut kanan atas gawang untuk menaklukkan Heaton. Skor 2-1 untuk Liverpool bertahan hingga jeda.

Awal babak kedua, the Reds mendapatkan sejumlah peluang. Menit ke-51, tendangan kaki kirin Salah dari luar kotak penalti yang diarahkan ke kiri atas hanya menyamping gawang. Dua menit berselang, Firmino yang mendapatkan sodoran bola dari Mane di kotak penalti Burnley dalam situasi serangan balik, memilih mengoper ke Salah daripada menembak. Bola gagal dijangkau Salah dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Setelah sederet serangan yang gagal, Liverpool akhirnya menambah keunggulan melalui Firmino pada menit ke-67. Ia dengan cepat menyambar bola serangan Salah yang dihentikan Heaton untuk membuat Liverpool memimpin 3-1.

Laga tampaknya sudah dalam kontrol the Reds. Klopp juga sudah memasukkan tiga pemain cadangan, yakni Jordan Henderson (68'), Naby Keita (77') dan Daniel Sturridge (86').

Tapi publik Anfield kemudian dibuat resah saat Burnley mencetak gol pada menit pertama injury time melalui Johann Berg Gudmundsson. Tapi hanya berselang dua menit, fan Liverpool kembali bertepuk tangan dan berteriak lega setelah Mane mencetak gol keduanya pada laga ini. Mane mendapatkan bola sempurna dari Sturridge di sisi kiri. Dengan ruang yang lebar tanpa penjagaan, ia mampu mengecoh Heaton dan menendang bola ke gawang kosong untuk memastikan kemenangan Liverpool 4-2.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA