Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Arsenal Geser Manchester United di Klasemen Sementara

Senin 11 Mar 2019 01:48 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Granit Xhaka (R) merayakan golnya dengan rekan setim di Arsenal, Alexandre Lacazette (L) setelah menyarangkan gol ke gawang Manchester United di Emirates Stadium London, Ahad (10/3).

Granit Xhaka (R) merayakan golnya dengan rekan setim di Arsenal, Alexandre Lacazette (L) setelah menyarangkan gol ke gawang Manchester United di Emirates Stadium London, Ahad (10/3).

Foto: NEIL HALL/EPA
Arsenal mengalahkan Manchester United dengan skor 2-0

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal akhirnya berhasil memutus laju tidak terkalahkan Manchester United di kancah Liga Primer Inggris, lewat kemenangan 2-0 pada pekan ke-30, Ahad (10/3) malam WIB. Torehan tiga angka di laga yang digelar di Stadion Emirates itu sekaligus membawa The Gunners mengambialih peringkat keempat klasemen sementara dari tangan United. 

Baca Juga

Kemenangan ini membuat tim besutan Unai Emery itu unggul dua poin atas United, yang harus turun peringkat ke posisi kelima. Berada di peringkat keempat, Arsenal mengumpulkan 60 poin dari 30 laga. Tidak hanya itu, The Gunners pun tinggal mengantongi selisih satu poin dari peringkat ketiga, Tottenham Hotspur.

Menerima lawatan United di Stadion Emirates, Arsenal memang bertekad memetik poin penuh demi bisa kembali ke zona Liga Champions di papan klasemen sementara. Alhasil, sejak menit pertama laga, The Gunners langsung menebarkan ancaman ke gawang United. 

Semua upaya Arsenal ini pun akhirnya terbayar pada menit ke-12. Sepakan keras Granit Xhaka dari luar kotak penalti tidak bisa dihalau kiper United, David De Gea. Mantan kiper Atletico Madrid itu terlihat salah langkah dan gagal mengantisipasi perubahan arah bola hasil tendangan gelandang asal Swiss tersebut. 

Ini menjadi keenam kalinya di kancah Liga Primer Inggris musim ini, De Gea gagal mengantisipasi tendangan dari luar kotak penalti, yang akhirnya berbuah gol buat tim lawan. Enam kali kebobolan lewat tendangan dari luar kotak penalti menjadi catatan terburuk De Gea di United sejak musim 2013/2014.

United langsung mencoba membalas. Lima menit setelah gol Xhaka, United mendapatkan peluang emas lewat umpan silang dari Paul Pogba. Umpan gelandang asal Prancis itu pun bisa disambar oleh Fred. Namun, bola hasil sontekan Fred itu masih membentur mistar gawang Arsenal.

Tidak hanya itu, pada menit ke-36. Romelu Lukaku mendapatkan kesempatan untuk bisa menyamakan kedudukan. Mendapatkan umpan terobosan dari Marcus Rashford, Lukaku mampu merangsek ke jantung pertahanan The Gunners dan tinggal berhadapan dengan kiper Bernd Leno. Namun, sepakan terakhir Lukaku masih bisa dihalau para pemain bertahan The Gunners. 

Memasuki babak kedua, United kembali berusaha untuk mencetak gol balasan. Namun, penampilan disiplin yang ditunjukan lini bertahan The Gunners, ditambah performa gemilang kiper Bernd Leno, sukses meredam semua upaya para penggawa United. Termasuk peluang emas yang dmiliki Lukaku pada menit ke-50. 

Penyerang asal Belgia itu lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Leno. Namun, Leno masih bisa menghalau tendangan Lukaku. Petaka buat tim tamu justru datang pada menit ke-69. Fred kedapatan menjatuhkan Alexandre Lacazaette di kotak penalti. Tanpa ragu, wasit langsung menunjuk titik putih.

Pierre Emerick Aubameyang, yang ditunjuk sebagai algojo penalti, sukses menjalankan tugasnya. Penyerang asal Gabon itu melepaskan tendangan mendatar, tanpa bisa ditebak oleh De Gea. Ini menjadi gol ke-18 Aubameyang di Stadion Emirates sejak resmi berseragam The Gunners pada Februari 2018 silam.

Kebobolan dua gol, pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, mencoba menambah daya gedor dengan memasukan Anthony Martial. Namun, usaha itu tidak membuahkan hasil. Arsenal mampu mempertahankan keunggulan hingga laga usai, sekaligus memperpanjang rekor tidak terkalahkan di kandang sejak pekan kedua Liga Primer Inggris musim ini.

Susunan Pemain:

Arsenal (3-5-2)

Pelatih: Unai Emery

Kiper: B. Leno

Belakang: S. Papastathopoulos, L. Koscielny, N. Monreal

Tengah: A. Ramsey, G. Xhaka; A. Maitland-Niles, M. Ozil, S. Kolašinac

Depan: A. Lacazette, PE. Aubameyang

 

Manchester United (4-4-2)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Kiper: D. De Gea

Belakang: A. Young, C. Smalling, V. Lindelof, L. Shaw

Tengah: Fred, N. Matic, D. Dalot, P. Pogba6

Depan: R. Lukaku, M. Rashford

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA