Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Guardiola Waspada Kejutan Schalke

Selasa 12 Mar 2019 05:59 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Pep Guardiola

Pep Guardiola

Foto: EPA-EFE/Sascha Steinbach
Guardiola menegaskan tidak akan meremehkan Schalke.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City akan menjamu Schalke dalam lanjutan leg kedua 16 Besar Liga Champions, di Etihad Stadium, Rabu (13/3) dini hari WIB. Meski menang 3-2 pada leg pertama, bukan jaminan bagi City lolos ke babak delapan besar.

Baca Juga

Ini diutarakan pelatih City Pep Guardiola dalam konferensi pers, Senin (11/3). "Sepekan lalu tak ada yang mengira apa yang terjadi terhadap Paris Saint-Germain dan Real Madrid. Pertandingan tidak ditentukan dalam 90 menit," kata Guardiola, dikutip BBC.

Posisi City sebenarnya cukup ideal karena hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Kalah 0-1 ataupun 1-2, the Citizens juga masih bisa melaju ke perempat final dengan aturan gol tandang. Namun, tampaknya Guardiola tak akan mengambil risiko tersebut. 

Guardiola mengatakan timnya siap melakoni leg kedua 16 besar Liga Champions. Guardiola menegaskan tidak akan meremehkan Schalke meski timnya menang pada leg pertama.

“Kami tidak dapat menyangkal betapa kuatnya tim lain," kata Guardiola.

Mantan pelatih Barcelona ini menekankan agar anak buahnya memiliki mimpi untuk mencapai puncak. Tapi itu tidak mudah karena tim lain juga berpikir sama. "Kata orang itu mudah. Bayangkan masuk ke delapan tim terakhir di Eropa? Tentu saja kami ingin memenangkannya, tetapi tim lain juga punya keinginan ini,” kata Guardiola menambahkan.

Pelatih Schalke, Domenico Tedesco harus menemukan racikan terbaiknya guna membalikkan defisit gol dari leg pertama. Tugas Tedesco semakin berat karena Daniel Caligura harus absen empat hingga enam minggu karena cedera saat kalah 1-4 dari Wender Bremen.

Oleh karena itu, Tedesco bisa menjadikan striker asal Swiss, Breel Embolo sebagai pengganti Caligura dalam menjebol gawang City. Nabil Bentaleb bisa menjadi andalan di lini tengah untuk mengancam pertahanan Vincent Kompany dan kawan-kawan. 

City kehilangan beberapa pemain pada laga ini. Gelandang asal Brasil, Fernandinho tidak tampil karena skorsing pada leg pertama. Selain itu, pertahanan City juga akan kehilangan Nicolas Otamendi serta Aymeric Laporte yang cedera hamstring.

Bek tengah timnas Inggris, John Stones pun masih diragukan untuk diturunkan karena faktor kebugaran. Oleh karena itu, Guardional harus memutar otak, mencari formasi tepat ketika meladeni permainan Schalke.

Danilo kemungkinan bisa menjadi opsi Guardiola untuk dipasangkan di sektor kanan pertahanan. Sedangkan Kyle Walker ditarik ke jangkar pertahanan berduet dengan sang kapten Vincent Kompany. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA