Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Pilih Pensiun, Van Gaal: Saya Pikir Istri Saya akan Bahagia

Selasa 12 Mar 2019 06:37 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Louis van Gaal

Louis van Gaal

Foto: EPA/Peter Powell
Van Gaal juga menyatakan tidak ingin menjadi analis sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih senior asal Belanda, Louis Van Gaal, resmi memutuskan pensiun menjadi pelatih sepak bola. Pria berusia 67 tahun itu menyatakan pensiun setelah berkarier menjadi pemain dan pelatih selama hampir 50 tahun.

Dalam sebuah wawancara di televisi lokal Belanda, Van Gaal mengatakan bahwa diri sudah tidak ingin terlibat langsung di lapangan sebagai pelatih. Ia juga menyatakan tidak ingin menjadi analis sepak bola.

"Saya pensiunan sekarang. Saya juga tidak punya keinginan untuk menjadi direktur di stasiun televisi dan menjadi komentator sepak bola," kata Van Gaal seperti disiarkan stasiun TV VTBL dan dikutip Sky Sports, Senin (11/3).

Van Gaal mengaku sudah berniat pensiun 10 tahun lalu saat usianya menginjak 55 tahun. Namun karena izin istrinya, ia baru pensiun saat ini ketika sudah menginjak usia kepala enam. "Saya pikir istri saya akan bahagia. Jika memungkinkan saya ingin menjadi direktur teknis (di sebuah klub sepak bola)," ujarnya.

Selama menjadi pelatih, Van Gaal menorehkan prestasi mentereng seperti satu trofi Liga Champions tahun 1995 bersama Ajax, dua trofi La Liga Spanyol bersama Barcelona, dan gelar juara Bundesliga Jerman dengan Bayern Muenchen.

Kariernya belum habis ketika membawa timnas Belanda ke semifinal Piala Dunia 2014 dan meraih tiga besar. Setelah itu, ia merapat ke Inggris untuk menahkodai Manchester United dan meraih Piala FA tahun 2016.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA