Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Menanti Sentuhan Magis Zizou di Bernabeu

Sabtu 16 Mar 2019 13:39 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

ZIDANE (MADRID) VS FRAN ESCRIBA (CELTA VIGO)

ZIDANE (MADRID) VS FRAN ESCRIBA (CELTA VIGO)

Foto: Republika
Celta Vigo adalah klub terakhir yang dihadapi Zidane saat masih jadi pelatih Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Tepat 284 hari atau sekitar 10 bulan setelah meninggalkan Real Madrid, Zinedine Zidane akhirnya sepakat untuk kembali ke klub asal ibu kota Spanyol tersebut. Pasang surut penampilan dialami juara bertahan Liga Champions itu pasca-ditinggal Zizou, panggilan akrab Zidane.

Performa Los Blancos akhirnya menyentuh titik terendah saat harus tersingkir di dua kompetisi sekaligus hanya dalam jangka waktu sepekan, yaitu Copa del Rey dan Liga Champions. Tepatnya saat disingkirkan Barcelona di babak semifinal Copa del Rey dan diempaskan Ajax Amsterdam di babak 16 besar Liga Champions.

Pun dengan posisi Madrid dalam perburuan gelar juara La Liga Spanyol musim ini. Los Blancos berada di peringkat ketiga dengan mengantongi selisih 12 poin dari seteru abadi, Barcelona, yang kokoh di puncak klasemen dengan torehan 63 poin.

Madrid akhirnya kembali berpaling ke Zidane. Pelatih yang mengantarkan Los Blancos meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun dan satu titel La Liga. Pelatih berusia 46 tahun itu diharapkan bisa mengubah peruntungan Los Blancos pada sisa musim ini, tepatnya dalam 11 laga terakhir di kancah La Liga.

Zizou pun mengaku kecewa dengan penampilan Madrid di sepanjang musim ini. Mantan gelandang Madrid itu merasa tertantang untuk bisa membawa Los Blancos kembali bangkit.

''Saya juga tidak suka melihat apa yang terjadi di klub pada musim ini. Karena itu, kami akan langsung bekerja dan melihat apa yang hilang dari tim ini. Kami memiliki kesempatan di 11 laga sisa musim ini,'' ujar Zidane seperti dikutip Associated Press tengah pekan ini.

Kiprah pertama Zidane di kesempatan kedua melatih Madrid ini datang saat Los Blancos menerima kunjungan Celta Vigo di Stadion Santiago Bernabeu, pada jornada ke-28 La Liga, Sabtu (16/3) malam WIB.

Uniknya, Celta Vigo merupakan klub terakhir yang dihadapi Zidane saat masih menjadi pelatih Real Madrid, tepatnya pada laga terakhir La Liga musim lalu, pertengahan Mei 2018 silam. Pada saat itu, Madrid juga melakoni laga kandang dan berhasil mencukur Celta, 6-0.

Namun, kondisi Madrid tentu sudah berbeda dibanding musim lalu. Kepergian Cristiano Ronaldo, yang menjadi pemain andalan Madrid dan Zidane pada musim lalu, terbukti memberikan dampak terhadap performa Los Blancos pada musim ini. Tantangannya pun tidak berhenti di sini.

Khusus di laga kontra Celta, Zidane sudah dihadapkan dengan permasalahan terkait absennya Casemiro. Gelandang asal Brasil itu mendapatkan kartu merah saat Madrid menang atas Real Valladolid, 4-1, akhir pekan lalu. Biasanya, posisi Casemiro akan digantikan oleh Marcos Llorente. Namun, Llorente tengah mengalami cedera dan diragukan untuk bisa tampil.

Permasalahan ini dan proses adaptasi yang masih dilakukan Zidane terkait skuat Madrid saat ini dapat menjadi kendala tersendiri buat Los Blancos dalam menghadapi Celta Vigo.

Baca Juga

photo

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA