Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Gara-gara Logo, Batman Gugat Valencia FC

Jumat 22 Mar 2019 06:10 WIB

Red: Bayu Hermawan

Valencia

Valencia

Foto: soccerjerseysales
Valencia dianggap mencontek logo superhero DC Comic Batman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DC Comics dikabarkan mengajukan komplain ke kantor kekayaan intelektual Uni Eropa, terkait logo baru klub Valencia. Klub yang bermain di kompetisi La Liga Spanyol itu dinilai telah mencontek logo Batman.

Valencia baru-baru ini merilis logo baru untuk memperingati perayaan seratus tahun berdirinya klub yang bermarkas di Stadion Mestalla. Dalam logo barunya, Valencia menghilangkan gambar perisai, dan hanya menyisakan gambar kelelawar berwarna keemasan.

Namun, DC Comics mempermasalahkan lambang baru Valencia itu. Dilansir dari AP, DC Comics menilai, logo baru los Che telah meniru simbol dari pahlawan super ciptaan mereka, Batman. DC Comics kemudian mengajukan keluhan ke kantor kekayaan intelektual Uni Eropa.

photo
Logo perayaan 100 tahun klub Valencia, yang dipersoalkan DC Comics. Sumber twitter @valenciacf



Keluhan DC Comics terhadap Valencia sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada tahun 2012, DC Comics juga pernah memprotes Valencia tekait logo kelelawan. Menanggapi hal ini, pihak Valencia mengatakan jika kelelawar bukan cuma menjadi lambang klub, namun juga lambang simbol kota.

Valencia juga menyebut, kelelawar telah menjadi lambang resmi klub sejak 1919, dan telah menjadi merek dagang terdaftar di seluruh dunia, untuk klub tersebut. Sementara DC Comics baru berdiri pada tahun 1939. "Kami sudah bermain dengan menggunakan lambang kelelawar ini, saat mereka masih berburu bison," ucap pernyataan resmi Klub Valencia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA