Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Ini Keunggulan Stadion Baru Spurs yang Megah

Rabu 27 Mar 2019 05:05 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Logo Tottenham Hotspur di depan stadion White Hart Lane.

Logo Tottenham Hotspur di depan stadion White Hart Lane.

Foto: @SpursOfficial
Spurs dijadwalkan mulai menggunakan stadion barunya pada awal April mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur patut lega karena telah dijadwalkan mulai menggunakan stadion barunya pada awal April mendatang. Spurs awalnya dijadwalkan memainkan laga kandang di stadion baru sejak 15 September 2018 lalu, tetapi pembukaan stadion itu ditunda beberapa kali di tengah kekhawatiran atas konstruksi dan keselamatan.

Kondisi ini memaksa Spurs untuk terus menggunakan Wembley hingga kini. Namun, pasukan the Lilywhites kini dipastikan akan memainkan pertandingan melawan Brighton atau Crystal Palace di pertandingan pertama di stadion baru pada bulan April. Identitas lawan Spurs akan tergantung pada hasil perempat final Piala FA Brighton melawan Millwall pada 17 Maret.

Berikut hal menarik terkait wajah baru stadion yang sebelumnya disebut White Hart Lane.

- Proses Pembuatan

Izin perencanaan telah diajukan pada tahun 2009. Tetapi karena berbagai rintangan, konstuksi baru dilakukan pada tahun 2015.

- Kapasitas

Awalnya diusulkan bahwa stadion akan menampung 58 ribu penonton, tetapi kapasitasnya secara bertahap meningkat seiring dengan rencana yang berkembang. Kapasitas final dikonfirmasi tahun lalu yaitu 62.062. Peningkatan yang cukup besar daripada kapasitas White Hart Lane yaitu 36.284.

Kapasitas itu mencakup stan gaya 'Kop' tingkat tunggal yang berisi 17.500 kursi. Ide ini mengingatkan pada 'Tembok Kuning' Borussia Dortmund yang telah membantu tim Jerman tersebut menghasilkan salah satu atmosfer pertandingan terbaik di Eropa.

Jarak antara penonton paling depan dan garis gawang hanya lima meter. Artinya para penggemar akan lebih dekat dengan aksi daripada di stadion Liga Primer Inggris lainnya yang baru dikembangkan.

Dengan kapasitas keseluruhan 62.062, stadion baru Tottenham akan menjadi markas klub terbesar kedua di Inggris, hanya di belakang Stadion Manchester United, Old Trafford, yang saat ini menampung 74.994.

Markas baru Tottenham ini mengalahkan Stadion Emirates, yang menampung 60.260, dan juga London Stadion milik West Ham United, yang saat ini dibatasi pada 60.000.

- Fasilitas Mewah

Stadion ini akan memiliki berbagai tawaran keramahtamahan dan makanan, termasuk pilihan makanan mulai dari burger dan sandwich steak hingga makanan jalanan Asia dan bar 65 meter yang membentang sepanjang garis gawang. Ini akan menjadi bar terpanjang di Eropa.

Stadion ini juga berisi hotel kelas atas dengan 180 kamar tidur, sementara Michel Roux Jr, Chris Galvin, dan Dipna Anand dinobatkan sebagai jajaran koki untuk pengalaman bersantap di stadion berbintang Michelin.

Lapangan umum di luar stadion akan memberikan apa yang digambarkan klub sebagai 'titik fokus bagi pendukung dan komunitas', dengan ruang untuk acara bertema penggemar dan acara lokal yang dijalankan oleh Tottenham Hotspur Foundation.

Di antara persembahan lainnya adalah 'Sky Walk', daya tarik pengunjung yang unik yang akan memungkinkan para penggemar untuk menaiki bagian luar stadion hingga setinggi 40 meter.

Stadion ini akan dibuka 365 hari setahun, dengan tur museum dan stadion yang ditawarkan, serta pengalaman ritel dan fasilitas konferensi dan perjamuan.

- Lalu apa nama baru dari White Hart Line?

Stadion baru ini sementara dikenal sebagai 'Stadion Tottenham Hotspur' dengan maksud untuk menjual hak penamaan ke stadion pada waktunya.

- Berapa harga tiket ?

Harga tiket untuk orang dewasa berkisar 795 pound hingga 2.200 pound. Sementara penonton di bawah 18 tahun dapat membayar antara 397,50 pound hingga 562,50 pound.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA