Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Lukaku Cetak Dua Gol, MU Bungkam Southampton

Sabtu 02 Mar 2019 23:55 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku

Foto: Martin Rickett/PA via AP
MU menggusur Arsenal setelah memetik kemenangan 3-2 atas Southampton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) kembali ke empat besar Liga Primer Inggris. MU menggusur Arsenal setelah memetik kemenangan 3-2 atas Southampton pada laga pekan ke-29 Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Sabtu (2/3).

Baca Juga

Romelu Lukaku menjadi pahlawan Iblis Merah pada laga ini dengan dua gol yang dicetaknya pada babak kedua. Satu gol Lukaku pada menit ke-88 memastikan MU mengamankan tiga poin di kandang sendiri.

Tambahan tiga angka membuat Iblis Merah menempati posisi empat dengan nilai 58. MU memaksimalkan hasil imbang 1-1 yang diterima Arsenal saat meladeni Tottenham Hotspur beberapa saat sebelumnya. Arsenal menempati posisi lima dengan nilai 57. Adapun Southampton berada di posisi 17 dengan nilai 27.

Jalannya laga

Tim tuan rumah sudah menekan sejak awal dari berbagai arah. Romelu Lukaku yang berperan sebagai ujung tombak beberapa kali mencoba peruntungan.

Dari sisi kanan, Marcus Rashford yang dipasang sebagai winger kanan turut mencoba dengan penetrasi yang masih dapat dikuasai oleh bek lawan. 

Sementara Alexis Sanchez di sisi kiri cenderung terdominasi oleh Paul Pogba yang bermain di belakangnya. Sanchez lebih banyak membantu mengalirkan bola ke Pogba yang kemudian memberi umpan silang ke arah Lukaku.

Manchester United lebih menguasai pertandingan di paruh pertama dengan penguasaan bola sebanyak dan tendangan ke gawang. Trisula di tengah seperti McTominay, Pogba dan Andreas Pereira berjibaku menggulirkan bola ke zona pertahanan lawan.

Namun, sayap kanan Southampton, Yann Valery justru membuat tuan rumah terdiam seketika lewat golnya pada menit ke-26. Ia menyengat kiper David De Gea lewat tendangan keras jarak jauh.

Tak ingin dipermalukan di depan pendukungnya sendiri, United terus mencoba menyerang dari sisi kanan dan kiri lawan. Lukaku sempat hampir mencetak gol jika sundulannya tidak meleset. Bahkan sang bek, Chris Smalling juga naik membantu serangan meski belum berdampak apa-apa hingga babak pertama berakhir.

MU langsung menggebrak pada babak kedua. Hanya butuh delapan menit, Andres Pereira menyamakan kedudukan lewat golnya pada menit ke-53. Tendangan keras melengkung yang diarahkan ke sudut atas gawang tak mampu ditahan kiper Southampton Angus Gunn.

Enam menit berselang, Lukaku membawa MU memimpin. Menerima bola di kotak penalti lawan, Lukaku meliuk melewati satu penjaga sebelum melepaskan tendangan menyusur rumput ke sudut kanan yang menjebol gawang Southampton.

Pendukung MU sempat dibuat cemas saat James Ward-Prowse menjebol gawang De Gea melalui tendangan bebas indah pada menit ke-75. Terlebih setelah itu setiap upaya Iblis Merah mencetak gol berhasil digagalkan.

Beruntung MU punya Lukaku. Ia mencetak gol keduanya pada laga ini sekaligus yang ketiga untuk MU pada menit ke-88. Sepakannya dari luar kotak penalti kembali mengincar tempat yang sama sebelumnya. Lukaku merayakan gol ini dengan membuka bajunya.

MU sebenarnya menerima hadiah penalti pada injury time. Tapi tendangan 12 pas yang dieksekusi Paul Pogba bisa digagalkan Angus Gunn.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA