Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Hadapi Newcastle, Emery tak Mau Arsenal Terpeleset

Ahad 31 Mar 2019 19:13 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan

Unai Emery

Unai Emery

Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Arsenal punya misi mengamankan tiket Liga Champions kala bertemu Newcastle.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal tak boleh terpeleset jika mereka ingin aman zona Liga Champions. Sebab, Manchester United baru saja mengkudeta posisi mereka untuk sementara, usai menang 2-1 atas Watford. Oleh karena itu, pertandingan lawan Newcastle di Stadion Emirates, menjadi laga wajib menang untuk the Gunners.

Tiga poin atas Newcastle akan mengembalikan mereka ke zona Liga Champions. Namun, untuk bisa menang, tim Meriam London tersebut harus menyiapkan amunisi yang tajam dan efektif untuk bisa membongkar pertahanan the Magpies. Sebab, Newcastle yang kini berada di posisi 14, tidak boleh terpeleset jika tidak ingin kembali terancam masuk zona degradasi.

Manajer Arsenal Unai Emery, mengaku harus putar otak untuk bisa membongkar pertahanan Newcastle, saat berhadapan dalam lanjutan Liga Inggris, Selasa (2/4). Menurut Emery, pertandingan lawan Newcastle akan berjalan sangat sulit bagi timnya. Apalagi Newcastle sedang berada dalam momentum yang bagus, dengan hanya kalah sekali dalam lima laga terakhir.

Emery menyatakan, Newcastle punya banyak pemain berkualitas dan organisasi permainan yang mumpuni. Ditambah lagi, pengalaman Rafael Benitez yang pernah melatih klub-klub raksasa Eropa. Bahkan mantan pelatih Sevilla itu menyebut, terakhir kali, Newcastle main dengan penuh kepercayaan diri, pertahanan yang kuat dan sangat kompetitif.

''Fokus saya adalah pada bagaimana mematahkan pertahanan mereka dan juga penampilan yang luar biasa dari kami untuk menang lawan mereka,'' ujar Emery, dikutip dari laman resmi klub, Ahad (31/3).

Oleh karena itu, Emery berusaha memastikan kombinasi yang baik antara pemain dan taktik yang diberikannya. Sebab, lanjutnya, the Gunners bermain dengan sistem dan pemain yang berbeda. Meski ia sangat percaya diri mampu mengatasi Newcastle, namun dirinya sadar, tamunya tersebut akan menjadi tantangan berat di Emirates Stadium.

''Saya tahu kami kuat di kandang. Tapi kami harus terus bekerja seperti yang biasa kami lakukan, dan juga terus maju dengan ambisi besar dan atmosfer yang megah di stadion kami,'' ucap Emery.

Newcastle bertekad menang saat bertandang ke Stadion Emirates saat jumpa Arsenal. Itu karena pasukan Rafael Benitez tersebut menargetkan finis di posisi 10 besar hingga akhir musim ini, dan menghindari perasaan takut terjun ke zona degradasi. Oleh karena itu, Benitez menilai the Gunners akan menjadi ujian yang berat, dan mampu mengulangi performa impresif mereka pada pertandingan sebelumnya.

''Senin malam (waktu Inggris) akan menjadi pertandingan berat. Arsenal melakukannya dengan sangat baik, dan normalnya tim seperti mereka akan menahan bola dan mereka punya kualitas untuk melakukannya,'' kata Benitez, dikutip dari laman resmi klub, Ahad (31/3).

Namun, Benitez tahu betul apa yang mesti dilakukannya untuk meredam ledakan meriam London tersebut. Walaupun timnya perlu sedikit keberuntungan, tapi ia yakin dapat mengatasi permainan agresif dari Arsenal, dengan tim yang solid dan kepercayaan diri tinggi. Menurutnya, para pemain telah melakukan banyak hal demi mendapatkan kepecayaan diri. ''Kami akan menciptakan lebih banyak peluang dan mengancam lebih banyak pada sisi serangan. Para pemain tahu pasti apa yang kami akan coba lakukan,'' tegas Benitez.

Ia mengungkapkan, para pemainnya telah menunjukan karakter yang kuat. Hal itu ditunjukan saat Newcastle lawan Everton, yang merupakan tim dengan kualitas sangat baik. Saat itu mereka mampu menang 3-2. Sehingga menjadi penyemangat bagi skuatnya dalam menemukan kepercayaan diri di pertandingan selanjutnya. Walaupun saat lawan Bournemouth mereka harus main imbang 2-2, tapi Benitez merasa hasil laga itu layak berpihak lebih baik pada timnya. ''Ada perasaan bahwa kami dapat bertarung, karena kami sekarang dalam posisi yang dapat mencuri poin dari siapapun,'' ujar Benitez.

Lima Pertemuan Terakhir :

Newcastle    1-2    Arsenal
Newcastle    2-1    Arsenal
Arsenal        1-0    Newcastle
Arsenal        1-0    Newcastle
Newcastle    0-1    Arsenal

Lima Pertandingan Terakhir Arsenal :

Arsenal        2-0    Manchester United
Tottenham    1-1    Arsenal
Arsenal        5-1    Bournemouth
Arsenal        2-0    Southampton
Huddersfield    1-2    Arsenal

Lima Pertandingan Terakhir Newcastle :

Bournemouth    2-2    Newcastle
Newcastle    3-2    Everton
West Ham    2-0    Newcastle
Newcastle    2-0    Burnley
Newcastle    2-0    Huddersfield

Data dan Fakta :

47 -Pertemuan antara Arsenal dan Newcastle
27 -Kemenangan Arsenal atas Newcastle
10 -Newcstle menang atas Arsenal
10 -Hasil imbang Antara Arsenal dan Newcastle
9  -Kemenangan beruntun Arsenal di kandang musim ini di Liga Inggris
0  -Kekalahan Arsenal dalam lima laga terakhir
1  -Kekalahan Newcastle dalam liga laga terakhir

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA