Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Menakar Peluang 4 Tim Inggris Lolos ke Liga Champions

Selasa 09 Apr 2019 09:45 WIB

Red: Israr Itah

Eden Hazard membawa Chelsea mengatasi West Ham United 2-0 di Liga Inggris.

Eden Hazard membawa Chelsea mengatasi West Ham United 2-0 di Liga Inggris.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Empat tim bersaing ketat, yakni Chelsea, Tottenham, Arsenal dan Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Eko Supriyadi, Wartawan Republika

LONDON -- Dua jatah tiket Liga Champions untuk tim Inggris hampir dipastikan menjadi milik Manchester City dan Liverpool. Sehinggga, masih ada dua tiket sisa lagi yang diperebutkan. Dua tiket itu kini diperebutkan oleh empat tim yang bersaing ketat, yakni Chelsea, Tottenham, Arsenal dan Manchester United.

Empat klub tersebut hanya berjarak maksimal dua poin dari peringkat tiga ke peringat enam. Kemenangan Chelsea atas West Ham United 2-0, Selasa (9/4) dini hari WIB. membawa Chelsea naik ke peringkat tiga. Namun, the Blues unggul satu pertandingan, dibanding tiga tim lainnya. Oleh karena itu, dengan enam pertandingan sisa, kecuali Chelsea, semuanya masih memiliki peluang besar.

Namun jika dilihat lawan dari masing-masing tim tersebut, bisa dibilang Arsenal yang paling diuntungkan. Sebab the Gunners sudah tak lagi bertemu dengan tim yang berada di peringkat enam teratas. Arsenal tinggal bertemu Watford, Crystal Palace, Wolverhampton Wanderers, Leicester, Brighton dan Burnley. 

Tapi, yang mesti diwaspadai adalah Wolverhampton dan Leicester, dua tim papan tengah yang tengah naik daun. Keduanya juga kerap memberikan ancaman bagi tim papan atas. Wolverhampton pekan lalu mengalahkan Manchester United. 

Namun yang mesti dicermati juga adalah rekor buruk Arsenal pada laga tandang. The Gunners hanya mampu menang lima kali dari 13 laga sejauh ini! Padahal, empat dari enam laga sisa itu merupakan laga tandang, yakni kontra Watford, Wolverhampton Wanderers, Leicester, dan Burnley. 

Sementara Manchester United, situasinya lebih sulit dari Arsenal. Akhir pekan nanti mereka akan berhadapan dengan West Ham. Setelah itu, mereka akan menjalani ujian berat lawan Everton, yang baru saja menumbangkan Arsenal, lalu calon juara Liga Inggris Manchester City dan kemudian Chelsea. Setelah menjalani tiga laga berat tersebut, MU bisa sedikit bersantai karena mereka hanya tinggal berhadapan dengan Huddersfield dan Cardiff.

Di sisi lain, Spurs harus menghadapi tim yang sudah dipastikan degradasi musim depan, Huddersfield. Namun, setelahnya mereka harus melakoni laga berat lawan Manchester City. Lawan City bagi Spurs maupun MU memang tidak akan mudah, mengingat pasukan Pep Guardiola tersebut harus terus menang untuk bisa mendapatkan gelar juara. 

Sisanya, skuat asuhan Mauricio Pochettiono itu tingga mengatasi Brighton, West Ham, Bournemouth dan Everton. Namun, performa inkonsisten Spurs bisa jadi masalah besar jika mereka tidak hati-hati. Sebab, dalam lima laga terakhir, Spurs hanya menang sekali.

Terakhir, tim yang berpeluang besar meraih tiket Liga Champions adalah Chelsea. The Blues memang lagi on fire, dengan tiga kali kemanangan beruntun di liga. Namun, langkah Chelsea terbilang berat. Sebab akhir pekan nanti mereka akan berhadapan dengan Liverpool, yang bertekad meraih juara liga. Liverpool merupakan satu-satunya tim yang baru sekali kalah hingga pekan ke-32 ini.

Usai berhadapan dengan Liverpool, Eden Hazard cs akan lebih santai saat bertemu Burnley. Baru setelah itu mereka akan menjalani laga yang bisa jadi penentuan lawan Manchester United. Dua laga terakhir Chelsea akan bertemua dengan Watford dan Leicester.

Namun, yang perlu digarisbawahi adalah, peringkat tidak menentukan hasil akhir. Misalnya saja, ketika Wolverhampton mengalahkan MU, dan Everton yang menumbangkan Chelsea dan Arsenal. Jadi, menarik dinanti tim mana yang akan finis di empat besar nanti. Anda menjagokan siapa? 

photo

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA