Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Sinyal Akhir Kiprah James Rodriguez di Bayern Muenchen

Jumat 26 Apr 2019 22:02 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Striker Bayern Muenchen, James Rodriguez.

Striker Bayern Muenchen, James Rodriguez.

Foto: EPA/Wallace Woon
Muenchen tak mau bayar 42 juta euro buat pemain yang jadi pilihan kedua di skuatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Pada awal musim 2017/2018, Bayern Muenchen menggelontorkan dana sebesar 13 juta euro demi bisa meminjam James Rodriguez dari Real Madrid selama dua musim. Di akhir masa peminjaman, Die Bavarians memiliki opsi pembelian permanen gelandang serang asal Kolombia itu asal mau membayar 42 juta euro kepada Los Blancos.

Masa peminjaman peraih gelar sepatu emas di Piala Dunia 2014 itu pun akan berakhir pada musim ini. Namun, jika menilik jumlah penampilan Rodriguez bersama Muenchen pada musim ini, kiprah gelandang serang timnas Kolombia bersama Die Bavarians agaknya bakal selesai seiring dengan berakhirnya masa peminjaman.

Sebelumnya, Presiden Bayern Muenchen, Uli Hoeness, sempat menyiratkan, keengganan klubnya untuk mengubah status Rodriguez tersebut. Menurutnya, Muenchen tidak mau membayar 42 juta euro buat pemain yang menjadi pilihan kedua di skuat Die Bayern.

''Kami tidak akan membayar 42 juta euro untuk pemain yang jarang tampil,'' ujar Hoeness seperti dikutip Marca, beberapa waktu lalu.

Pada sepanjang musim ini, Rodriguez memang kerap ditepikan oleh pelatih Muenchen, Niko Kovac. Selain alasan kebugaran dan cedera yang kerap menimpa Rodriguez, Kovac enggan mempercayakan satu tempat di starting line-up Muenchen lantaran faktor taktik dan strategi permainan.

Selain itu, seperti dilansir Bild, awal pekan ini, Kovac juga dikabarkan tidak terlalu menyukai gaya permainan Rodriguez. Pelatih asal Kroasia itu disebut lebih menyukai gelandang yang gesit dan lincah, ketimbang gelandang yang taktis dan berteknik tinggi.

Hal ini begitu terlihat saat Kovac tidak menurunkan Rodriguez kala Muenchen berhadapan dengan Borussia Dortmund di laga der Klassiker, awal bulan ini. Padahal, di laga sebelumnya, eks gelandang serang AS Monaco itu sempat menjadi starter, yaitu saat Muenchen ditahan imbang Freiburg, 1-1.

''Saya memutuskan untuk tidak memasukan Rodriguez di starting line-up karena alasan teknis dan taktik permainan. Keputusan ini ternyata membawa kami menang 5-0. Jadi, saya bertanya kepada Anda? Untuk apa saya melakukan perubahan di laga-laga selanjutnya,'' ujar Kovac seperti dikutip Marca, Kamis (25/4).

Kondisinya pun bertambah sulit buat Rodriguez lantaran dia sempat mengalami cedera. Alhasil, Kovac akhirnya lebih memilih untuk menurunkan Serge Gnabry, Kingsley Coman, dan Thomas Mueller dalam empat laga terakhir Muenchen.

Kini pilihan yang ada buat Rodriguez adalah kembali ke Real Madrid atau hijrah ke klub lain yang bersedia menebusnya dari Los Blancos. Sejumlah klub, seperti Atletico Madrid, Arsenal, dan Juventus, memang sempat disebut-sebut siap menampung gelandang berusia 27 tahun tersebut.

Bahkan, seperti dilansir Calciomercato, Jumat (26/4), agen Rodriguez, Jorge Mendes, dikabarkan tengah mendorong Rodriguez untuk bisa bergabung bersama Juventus. Mendes, yang juga agen dari Joao Felix, dikabarkan sempat menyinggung soal Rodriguez kala melakukan pembicaraan dengan Direktur Sepak Bola Juventus, Fabio Paratici, terkait kemungkinan kepindahan Joao Felix.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA