Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Raih 10 Gelar La Liga, Messi Sang Penyelamat Barcelona

Ahad 28 Apr 2019 20:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: REPUBLIKA
Kontribusi Messi pun terlihat dari angka statistik torehan golnya buat Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Dominasi Barcelona dalam 11 musim terakhir rasanya tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kontribusi Lionel Messi. Dengan keberhasilan mengantarkan Barcelona menjadi juara di musim pertamanya sebagai kapten, Messi semakin menajamkan rekornya sebagai pemain terbaik yang pernah dimiliki klub asal Katalan itu. Predikat ini rasanya tidak berlebihan.

Pasalnya, gelandang serang berusia 31 tahun itu menjadi satu-satunya pemain Barcelona yang mampu mempersembahkan 10 titel La Liga dan menjadi pemain ketiga di sepanjang sejarah La Liga yang mampu menorehkan torehan trofi La Liga sebanyak itu. Tidak hanya itu, Messi merupakan pemain pertama yang bukan berasal dari Spanyol yang bisa meraih 10 gelar Liga Spanyol.

Pada sepanjang musim ini, Barcelona juga rasanya belum bisa melepaskan ketergantungan dari Messi. Kendati telah memiliki Luis Suarez, tapi Messi masih menjadi andalan buat el Barca untuk bisa merobek gawang lawan. Cukuplah, laga kontra Levante, Ahad (28/4) dini hari WIB menjadi bukti teranyar ketergantungan Barcelona terhadap Messi.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde sepertinya tidak memiliki pilihan lain selain memasukkan Messi pada pergantian babak demi bisa memperbesar peluang meraih kemenangan di laga tersebut. Messi, yang masuk menggantikan Philippe Coutinho, akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-62 setelah memanfaatkan assist dari Arturo Vidal. Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi sekali buat Barcelona.

Kondisi serupa terjadi saat Messi menjadi penyelamat Barcelona, kala nyaris menelan kekalahan dari Villarreal, awal bulan ini. Lewat gol yang dicetak pada menit ke-90, Messi menjadi inspirasi buat timnya untuk bisa memaksakan hasil imbang di laga tersebut dengan skor 4-4.

Kontribusi Messi pun terlihat dari angka statistik torehan golnya buat Barcelona di kancah La Liga musim ini. Gol di laga kontra Levante merupakan gol ke-34 Messi buat Barcelona di pentas La Liga.

Sebanyak 40 persen gol Barcelona dari 35 laga La Liga datang dari pemain berjuluk La Pulga tersebut. Tidak hanya itu, kontribusi Messi juga terlihat lewat torehan assist, yang mencapai 13 asisst dari 32 kali kesempatan tampil di 35 partai La Liga.

Dalam beberapa kesempatan, Valverde mengakui, kontribusi dan betapa beruntungnya Barcelona memiliki Messi. Pujian serupa diungkapkan pelatih asal Spanyol itu setelah berhasil membawa Barcelona mempertahankan titel La Liga.

''Messi selalu ada di sana saat kami membutuhkan kemenangan. Kami tahu, dia harus selalu bermain untuk bisa menjaga kebugarannya. Dia selalu aktif dan bisa mencetak gol saat diturunkan. Dialah yang membawa kami bisa menjuarai kompetisi ini,'' jelas Valverde seperti dikutip ESPN, Ahad (28/4).

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA