Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Ajax Menuju Treble Winners

Selasa 07 May 2019 02:26 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Citra Listya Rini

Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag

Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag

Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Ajax baru saja sukses merebut trofi pertama musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM    Klub legendaris Eredivisie Belanda Ajax Amsterdam meraih sorot mata dunia begitu mereka berhasil secara heroik melangkah sampai ke semifinal Liga Champions musim ini. Ajax menyingkirkan klub-klub favorit juara seperti Real Madrid dan Juventus. 

Sekarang kans klub berjuluk Sons of the God itu berpeluang melangkang ke final Liga Champions jika pada leg kedua semifinal berhasil mempertahankan keunggulan agregat dari wakil Inggris, Tottenham Hotspur tengah pekan ini. Ajax pun menuju treble winners alias merebut tiga gelar dalam semusim jika sukses di Liga Champions dan Eredivisie Belanda.

Sebelum melenggang ke Eropa, Ajax baru saja berpesta merayakan keberhasilannya mendapatkan trofi pertama musim 2018-2019 ini pada Senin (6/5) dini hari WIB. Matthijs de Ligt dan kawan-kawan sukses menjuarai Piala Belanda setelah mengalahkan Willem II dengan skor 4-0 di Stadion Feyenoord, Roterdam.
 
''Trofi Piala Belanda adalah hadiah pertama buat semua pemain Ajax,'' kata pelatih Ajax Erik ten Hag dikutip dari laman resmi klub.
 
Ajax berpeluang juga menjuarai Eredivisie Belanda. Tim yang sudah sebanyak 33 kali menjadi juara Liga Belanda itu berpeluang memenangkan trofi ke-34 andai mampu mempertahankan eksistensi di puncak klasemen.
 
photo
Ajax Amsterdam
 
Sampai pekan ke 32, Ajax berada di puncak degan nilai 80. Ajax harus berjuang keras memenangkan semua laga sisa di Liga Belanda karena mereka hanya unggul selisih gol dari pesaing dan rival utama, PSV Eindhoven. Eredivisie Belanda musim ini menyisakan dua laga lagi.
 
Ajax menyisakan pertandingan melawan Utrech dan De Graafschap di dua pekan pamungkas. Sementara, PSV harus berhadapan dengan tim besar lainnya Az Alkmaar dan Heracles. Di atas kertas, peluang Ajax menjuarai Eredivisie lebih terbuka ketimbang PSV.
 
Tapi, konsentrasi Ajax bisa saja pecah untuk menghadapi dua laga terakhir Eredivisie andai mereka benar-benar melangkah ke Liga Champions. Sebab, andai lolos ke final, lawan Ajax merupakan satu di antara Barcelona dan Liverpool. Dua tim yang juga punya tradisi kuat di Liga Champions beserta materi pemain kelas dunia. 
 
photo
Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag
 
Kondisi tersebut membuat Ten Hag merasa lega dengan raihan trofi Piala Belanda sebagai bukti awal perjalanan mengesankan Ajax musim ini. ''Kami memang harus memenangkan Piala Belanda untuk meneruskan momentum,'' ujarnya. 
 
Demi mengakhiri musim mengesankan, Ajax meminta semua pemainnya fokus berlatih. Dua andalan Ajax yang memeluk agama Islam Hakin Ziyech dan Noussair Mazraoui dikabarkan dilarang melaksanakan ibadah puasa. 
 
Dikutip dari Mirror, Ziyech dan Mazraoui awalnya meminta izin kepada tim agar diberi kesempatan menjalankan perintah agamanya melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tapi, kabarnya permintaan dua pemain ini ditolak Ajax terutama oleh pelatih fisik Raymond Verheijen.
 
Verheijen tidak mau stamina Ziyech dan Mazraoui menurun karena puasa. ''Dua pemain muslim Ajax dilarang puasa setelah mencoba meminta izin kepada pihak klub,'' begitu tulis Mirror. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA