Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Mantan Pembalap Niki Lauda Wafat di Usia 70 Tahun

Selasa 21 May 2019 10:52 WIB

Red: Friska Yolanda

Niki Lauda

Niki Lauda

Foto: AP Photo/Luca Bruno, File
Niki Lauda merupakan tiga kali juara dunia balap mobil Formula Satu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia tiga kali balap mobil Formula Satu Niki Lauda meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Pembalap asal Austria itu wafat usai menjalani operasi paru-paru.

"Segenap anggota tim McLaren menyampaikan dukacita mendalam atas kepergian rekan, kolega dan juara dunia Formula Satu 1984, Niki Lauda," kata McLaren, mantan tim yang pernah dibelanya, seperti dikutip Reuters, Selasa (21/5). 

"Niki akan selalu di hati kami dan memperkaya perjalanan sejarah kami," lanjut pernyataan McLaren.

Menurut media Austria, Lauda meninggal pada Senin (20/5) di tengah keluarga yang mendampingi. Ia dirawat di rumah sakit pada Januari selama sepuluh hari karena sakit paru-paru dan influenza.

photo
Pembalap Niki Lauda bersama rivalnya, James Hunt.

"Prestasinya yang unik sebagai atlet, sekaligus sebagai pengusaha akan selalu dikenang, usaha pantang menyerah, sikap terus terang dan keberanian menjadi panutan bagi kami," demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak keluarga.

"Ia adalah seorang suami penyayang dan penuh perhatian, seorang ayah dan kakek yang jauh dari perhatian publik, dan ia akan selalu dikenang."

Lauda tampil sebagai juara dunia Formula Satu pada musim kompetisi pada 1975, 1977 dan 1984 bersama Mercedes dan Ferrari. Kisah Lauda diangkat dalam sebuah film pada 2013 berjudul Rush. Film tersebut menceritakan persaingan antara Lauda dan rivalnya James Hunt dalam industri balap Formula Satu tahun 1976.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA