Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Bayern Muenchen Pastikan Raih Dua Gelar Domestik

Ahad 26 Mei 2019 03:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Bayern Muenchen juarai DFB Pokal.

Bayern Muenchen juarai DFB Pokal.

Foto: EPA/FELIPE TRUEBA
Kemenangan 3-0 atas Leipzig di final DFB Pokal bawa Muenchen kawinkan 2 titel lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Bayern Muenchen kembali menegaskan dominasinya di kancah sepak bola Jerman dengan keberhasilan meraih titel DFB Pokal pada musim ini. Kemenangan 3-0 atas RB Leipzig di partai final DFB Pokal, Ahad (26/5) dini hari WIB, mengantarkan Muenchen mengawinkan dua titel domestik pada musim ini, yaitu trofi Bundesliga dan titel DFB Pokal.

Dengan keberhasilan ini, Muenchen mengulangi prestasi pada musim 2015/2016, saat mampu menjadi yang terbaik di dua kompetisi paling bergengsi di tanah Jerman tersebut. Tidak hanya itu, untuk ke-12 kalinya sepanjang sejarah klub, Muenchen berhasil meraih double winner di panggung domestik sepak bola Jerman.

Menghadapi RB Leipzig, yang melakoni debutnya di partai final DFB Pokal, Muenchen tampil cukup dominan. Kendati sempat keteteran pada awal-awal laga, tapi pengalaman dan kematangan Muenchen mampu membawa Die Roten meraih hasil maksimal di laga yang digelar di Stadion Olimpiade, Berlin, tersebut.

RB Leipzig, yang bertekad meraih gelar bergengsi pertamanya, bisa membuka peluang lewat sundulan Yussuf Poulsen pada menit ke-11. Namun, bola hasil sundulan Poulsen itu bisa ditepis oleh Manuel Neuer. Namun, Muenchen justru mampu membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-21.

Adalah Robert Lewandowksi yang sukses menanduk umpan lambung dari David Alaba. Bola hasil sundulan Lewandowski itu meluncur mulus ke pojok gawang Leipzig tanpa bisa dijangkau kiper Leipzig, Peter Gulacsi. Ini menjadi gol ke-32 Lewandowksi di sepanjang penampilannya di pentas DFB Pokal.

Tidak berhenti sampai di situ, Muenchen sempat memiliki peluang emas lewat aksi dari Serge Gnabry pada penghujung babak pertama. Namun, Gulacsi bisa menghalau tembakan dari jarak dekat Gnabry tersebut. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan Muenchen.

Memasuki babak kedua, Leipzig mencoba membalas. Peluang emas didapat Die Bullen pada menit ke-57 lewat skema serangan balik cepat. Sayangnya, tembakan Timo Werner masih bisa dihalau oleh bek tengah Muenchen, Nicklas Sule.

Usaha Leipzig untuk menyamakan kedudukan akhir kandas pada menit ke-78. Pasalnya, Muenchen justru mampu menggandakan keunggulan.

Kingsley Coman sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-78 setelah mampu melewati adangan dua pemain bertahan Leipzig dan akhirnya melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Dengan keunggulan dua gol, Muenchen tampil lebih tenang dan bisa mengendalikan laga.

Tujuh menit pasca-gol Coman, Muenchen bahkan bisa menambah torehan gol. Lewandowksi mencetak gol keduanya di laga ini. Penyerang timnas Polandia itu berhasil memanfaatkan umpan terobosan Joshua Kimmich dan dengan mudah menaklukkan Gulasci. Gol itu pun menjadi gol terakhir di laga ini sekaligus memastikan Die Bayern pulang dengan membawa trofi DFP Pokal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA