Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Preview Persebaya vs Kalteng Putra; Demi Bonekmania

Selasa 21 May 2019 13:42 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Pesepak bola Persebaya Surabaya Damian Emanuel Lizio (tengah) bersama rekan se timnya melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol dengan tendangan pinalti ke gawang Arema FC pada laga final leg 1 Piala Presiden 2019 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/4/2019).

Pesepak bola Persebaya Surabaya Damian Emanuel Lizio (tengah) bersama rekan se timnya melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol dengan tendangan pinalti ke gawang Arema FC pada laga final leg 1 Piala Presiden 2019 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/4/2019).

Foto: Antara/Zabur Karuru
Persebaya menggebu untuk bisa meraih kemenangan pada laga perdana kandang musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman menegaskan, pasukannya sudah sangat siap menghadapi Kalteng Putra pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (21/5). Djadjang mengatakan, meskipun waktu persiapan yang diperoleh anak asuhnya terbilang singkat, pasukan the Green Force memiliki antusiasme tinggi menjelang pertandingan kedua.

Maka dari itu, mantan pelatih Persib Bandung itu memastikan Persebaya tak akan ramah menjamu Kalteng. "Kita sudah siap. Walaupun kami memiliki persiapan singkat setelah pertandingan melawan Bali United, tapi pemain cukup semangat dan antusias. Mudah-mudahan semua latihan bisa diaplikasikan sehingga bisa meraih hasil maksimal," kata Djadjang saat menggelar konferensi pers di Surabaya, Senin (20/5).

Pria kelahiran Majalengka, Jawa Barat, tersebut melanjutkan, sebagian besar pemain yang dimiliki Bajol Ijo juga dipastikan bisa bermain pada pertandingan nanti. Dia mengungkapkan, hanya dua pemain yang dipastikan tidak tampil pada pertandingan tersebut. Kedua pemian yang dimaksud adalah Nelson Alom dan Otavio Dutra karena masih cedera.

"Pemain-pemain yang kemarin tidak ikut serta ke Bali sekarang sudah bisa tampil kecuali Nelson. Dutra juga masih belum bisa diturunkan pada pertandingan kali ini. Tapi, kami lebih banyak pilihan pada lawan Kalteng ini dibanding lawan Bali," ujar Djadjang.

Penyerang Persebaya Osvaldo Ardiles Haay juga menegaskan, rekan satu timnya sudah sangat menggebu untuk menjalani pertandingan kedua di Shopee Liga 1 2019 melawan Kalteng Putra. Karena pertandingan tersebut merupakan laga kandang pertama musim ini, Osvaldo yakin semangat rekan satu timnya akan berlipat ganda.

"Persiapan untuk besok (hari ini), intinya kami semua sangat siap. Apalagi, ini pertandingan home pertama Perrsebaya. Jadi, kita ingin memberikan yang terbaik," ujar Osvaldo.

Pelatih Kalteng Putra Gomes De Oliveira menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain kolektif saat menghadapi tuan rumah. Gomes meyakini jika anak asuhnya mampu mengutamakan kerja sama tim, kesuksesan menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang bisa terulang di Surabaya.

"Kalau kita bisa bekerja sama, kita pasti bisa mendapatkan hasil positif pada pertandingan besok (melawan Persebaya Surabaya). Jadi, kuncinya kita harus main kolektif," kata Gomes saat menggelar konferensi pers di Surabaya, Senin (20/5).

Gomes mengakui Persebaya merupakan tim hebat yang dihuni pemain-pemain berkualitas. Selain itu, dia melanjutkan, Persebaya juga dikenal memiliki pendukung fanatik yang dipastikan tidak akan lelah memberikan dukungan kepada tim kesayangannya.

Melihat fakta-fakta tersebut, Gomes meyakini anak asuhnya akan memiliki semangat berlipat ganda demi membawa pulang poin dari pertandingan tersebut. "Kalteng datang dengan semangat yang berlipat-lipat karena lawannya Persebaya yang punya pemain bagus dan punya suporter istimewa. Kami berjuang lagi di sini untuk dapat poin," ujar Gomes.

Gomes tidak mempermasalahkan siapa pun pemain yang diturunkan Bajol Ijo. Menurut Gomes, semua pemain Persebaya merupakan pesepak bola berkualitas. Namun, Gomes menegaskan, pasukannya sudah sangat siap menghadapi permainan the Green Force.

Gomes juga merasa tim yang dilatihnya lebih diuntungkan karena dihuni beberapa pemain jebolan Persebaya Surabaya. Mereka adalah Ferinando Pahabol, OK John, dan penjaga gawang Dimas Galih. Gomes menegaskan, semua mantan pemain Persebaya tersebut akan diturunkan.

"Untuk pemain yang eks Persebaya pasti tampil besok. Mereka punya motivasi tersendiri dan akan membantu Kalteng Putra mendapat poin," ujar Gomes.

Respek lawan

Penyerang Kalteng Putra Yohanes Ferinando Pahabol bertekad menampilkan permainan terbaiknya pada laga nanti. Pahabol menegaskan, Kalteng Putra sudah sangat siap menghadapi Bajol Ijo.

Pahabol merupakan mantan pemain Persebaya yang saat ini membela Kalteng Putra. Pahabol menyatakan, ia tidak akan melakukan selebrasi jika menjebol gawang mantan timnya tersebut. Namun, dia akan tetap bermain profesional.

"Besok kalau saya dapat kesempatan cetak gol, saya tidak akan selebrasi. Persebaya bagian dari diri saya di tahun kemarin," kata Pahabol dalam konferensi pers di Surabaya, Senin (20/5).

Meski merupakan mantan pasukan the Green Force, Pahabol meyakini Bonek Mania akan tetap menyambutnya dengan baik di Stadion GBT, Surabaya. Apalagi, baik saat membela maupun setelah keluar dari Persebaya Surabaya, Pahabol merasa tidak pernah mempunyai masalah dengan Bonek Mania.

"Bonek pasti akan sangat antusias dukung timnya. Saya juga gak ada masalah dengan Bonek Mania. Saya yakin Bonek juga masih ada sayang sama saya," kata Pahabol.

Pahabol menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin memetik poin di kandang Bajol Ijo. Dia pun optimistis bisa mendapatkan tiga poin dan mengulang sukses saat bertandang ke kandang PSIS Semarang.

"Kami optimistis memenangkan pertandingan. Saat ini Persebaya luar biasa. Tapi, kami gak mau kalah dengan Persebaya," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA