Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Joao Felix, Wonderkid Benfica

Selasa 28 May 2019 15:19 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Citra Listya Rini

Joao Felix

Joao Felix

Foto: EPA-EFE/Fernando Veludo
Klub-klub besar Eropa kepincut sosok penerus Ronaldo di Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON  -- Satu pesepak bola belia sukses mencuri perhatian dunia. Wonderkid/ tersebut bernama Joao Felix Sequeira. Baru berusia 19 tahun, Felix sudah menjadi andalan klub raksasa Portugal, Benfica.

Sejauh musim 2018/2019 berjalan, yang bersangkutan tampil dalam 43 laga di berbagai kompetisi, dan mencetak 20 gol. Felix membawa skuat Eagles menjuarai liga domestik. Di benua biru, langkah Benfica dihentikan Eintracht Frankfurt di perempat final Liga Europa. Namun secara individu, pemilik nomor punggung 10 membuat catatan apik. 

Penggawa tim nasional Portugal U-21 itu mencetak hattrick ke gawang Frankfurt dalam usia 19 tahun, 152 hari. Felix pemain termuda dalam sejarah sepak bola yang melakukan hal tersebut. Ia mengalahkan rekor Marko Pjaca pada 2014.

 

Pujian untuk Felix terus terdengar. Sosok yang juga pernah menimba ilmu di FC Porto itu mulai dikaitkan dengan Cristiano Ronaldo. Ia dinilai bakal jadi penerus Ronaldo di timnas senior Portugal. "Dia salah satu produk terbaik dari Portugal sejak Cristiano Ronaldo," kata Presiden Benfica, Luis Filipe Vieira kepada Tuttosport.

 

Tak berlebihan apa yang dikatakan sang presiden. Perlahan tapi pasti mata para elit mulai tertuju pada aset berharga Benfica itu. Pertama Real Madrid. Mengetahui bintangnya diincar Real Madrid, manajemen klub Portugal lantas menetapkan klausul pelepasan yang tinggi untuk Felix. Bagi para peminat, silakan menyerahkan dana 120 juta euro (Rp 1,9 triliun).

 

"Felix tidak akan kemana-mana, kecuali ada yang memecahkan klausul pelepasannya," ujar Manajer Eksekutif Benfica, Domingos Soares, dikutip dari Sky Sports.

 

photo

Joao Felix

 

Fakta demikian membuat Real Madrid mundur dari perburuan. Selanjutnya Manchester United. Kubu Iblis Merah sedang membangun skuat mumpuni menuju musim-musim mendatang. Salah satu caranya dengan mendatangkan pemain kelas dunia.

 

Nama Felix masuk radar Manchester United. Manchester City tak ketinggalan. Manajemen the Citizens mulai mencari pengganti David Silva. Saat ini Silva telah berusia 33 tahun. Juara Liga Primer Inggris itu butuh penyegaran skuat di lini tengah.

 

Felix memiliki karakteristrik serupa Silva yang fleksibel bergerak dari lini kedua.

Kubu the Citizens dikabarkan siap mengorbankan dua nama demi Felix. Mereka adalah Leroy Sane dan Gabriel Jesus. Pada bursa transfer Juni 2019, Sane serta Jesus bakal dilepas.

 

Uang hasil penjualan tersebut digunakan Manchester City untuk membeli Felix. Liverpool juga demikian. Beredar kabar, the Reds telah mengajukan penawaran sebesar Rp 1 triliun. Namun jumlah tersebut ditolak Benfica.

 

Dari Inggris kembali ke Spanyol. Barcelona meramaikan perburuan Felix. Itu karena sejumlah penggawa Barca mulai menua. Klub raksasa Seri A, Juventus juga terlibat. Juve juga butuh amunisi baru untuk bersaing di Eropa pada musim-musim mendatang. Felix jadi salah satu target si Nyonya Tua.

 

Bahkan Juve dinilai memiliki kelebihan dalam urusan negosiasi nantinya. Pasalnya klub tersebut memiliki Ronaldo yang bisa memengaruhi Felix secara emosi. Kemudian agen Felix, Jorge Mendes, sering terlibat kerja sama dengan Bianconeri. Mendes berperan mendatangkan CR7 ke Turin.

 

Kendati diminati sejumlah raksasa, Felix mengaku ingin bertahan di Benfica. Ia senang dengan reaksi penggemar Eagles. Ia tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA