Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sensasi Erling Haaland

Sabtu 08 Jun 2019 02:02 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Erling Haland

Erling Haland

Foto: manchestereveningnews.co.uk
Haland mencetak 9 gol saat bertemu Honduras pada laga ketiga Grup C Piala Dunia U-20.

REPUBLIKA.CO.ID, Momen bersejarah bagi Erling Haaland terjadi pada Kamis (30/5) dini hari WIB. Striker tim nasional (timnas) Norwegia U-20 itu mencetak sembilan gol saat bertemu Honduras pada laga ketiga Grup C Piala Dunia U-20.

Pesepak bola 18 tahun itu membuat rekor baru di Lublin Stadium, Polandia. Haaland mematahkan catatan pesepak bola Brasil, Adailton. Pada 1997 silam, Adailton mencetak enam gol ketika Selecao junior menumbangkan Korea Selatan 10-3. Ini masih dalam konteks Piala Dunia U-20.

Jagad sepak bola global mulai mengenal seorang Haaland. Ia membantu timnya dalam laga krusial usai ditumbangkan Uruguay dan Selandia Baru. Hasil akhir Polandia unggul 12-0 atas Honduras.

"Kami merasa seperti memenangkan kompetisi ini. Bagi saya mencetak gol selalu menyenangkan, jadi saya merasa sangat bahagia malam ini," kata putra legenda Manchester City, Alf-Inge Haaland, dikutip dari laman resmi FIFA, Sabtu (1/6).

Secara tim, Norwegia juga membuat rekor baru. Itu kemenangan terbesar sebuah tim dalam sejarah Piala Dunia U-20.

Pelatih Pal Johansen bereaksi terkait hal ini. Secara khusus ia memuji aksi Haaland. Johansen tidak terkejut melihat kinerja luar biasa anak asuhnya itu.

Sebelumnya, saat jumpa Uruguay dan Selandia Baru, keran gol jagoan Red Bull Salzburg sempat tersendat. "Dia adalah pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Eropa dengan 10 gol, jadi kami tahu dia akan mencetak gol kapan saja," ujar sang juru taktik.

Belakangan, Haaland mulai dikaitkan dengan Manchester United. Kebetulan pelatih United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer, mengenal yang bersangkutan secara personal. Keduanya pernah bekerja sama di klub Norwegia, Molde.

Pada 2018, Haaland adalah pencetak gol terbanyak untuk Molde. Dalam semusim ia membobol gawang lawan sebanyak 16 kali. Berbagai statistik di atas membuktikan ketajaman sosok yang pada 21 Juli 2019, berumur 19 tahun itu. Sejauh musim ini berjalan, Haland baru mencetak satu gol untuk Red Bull Salzburg dalam empat pertandingan di berbagai kompetisi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA