Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Petrucci Juara di Mugello, Marquez Jadi Runner Up

Ahad 02 Jun 2019 21:06 WIB

Red: Bayu Hermawan

Danilo Petrucci menjadi yang tercepat dalam seri balap di Sirkuit Mugello.

Danilo Petrucci menjadi yang tercepat dalam seri balap di Sirkuit Mugello.

Foto: EPA
Petrucci menjadi yang tercepat dalam seri balap Italia di Sirkuit Mugello, Ahad (2/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danilo Petrucci dari tim Mission Winnow Ducati menjadi yang tercepat di balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Ahad (2/6). Kemenangan ini merupakan yang pertama kali bagi Petrucci sejak mengikuti balap MotoGP.

Pebalap asal Italia itu mengawali balapan dari posisi ketiga. Petrucci berhasil memenangi pertarungan sengit dengan Marc Marquez (Repsol Honda) dan rekan satu tim Andrea Dovizioso di balapan sepanjang 23 lap itu.

Petrucci, Marquez dan Dovizioso terlibat sejumlah aksi salip menyalip di lap-lap terakhir yang ketat hingga akhirnya Marquez, yang start dari pole position, harus mengakui keunggulan motor Ducati bernomor 9 itu dan finis sebagai runner-up dengan margin tipis 0,043 detik.

Kemudian Andrea Dovizioso, harus puas finis ketiga di balapan ke-300 sepanjang kariernya itu. Dengan hasil tersebut, Ducati mencetak hattrick dengan menjuarai GP Italia dalam tiga tahun terakhir. Bagi Petrucci ini merupakan hasil terbaik, setelah pada balap di sirkuit yang sama pada tahun 2017, dirinya hanya mampu finis di posisi ketiga.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) kembali tampil impresif dan finis di posisi keempat setelah menempel ketat tiga pebalap di depan. Pebalap asal Spanyol itu memiliki start yang brilian. Start dari P13, Rins mampu naik ke peringkat tiga di tiga lap pertama untuk menantang Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di depan.

Namun defisit tenaga motor GSX-RR kewalahan menghadapi tiga pebalap Ducati yang ada di barisan depan. Marquez sempat membuat kesalahan dengan melebar ketika memimpin lomba dan harus membayar mahal ketika tiga pebalap Ducati dan satu Suzuki mendahuluinya di lap kelima.

Di lap 9, Rins menyerang Dovi dan mampu mengambil alih pimpinan lomba untuk sementara. Namun ketika tiba di trek lurus Mugello, Rins keteteran. Jack Miller (Pramac Ducati) terjatuh di delapan lap terakhir ketika menempel rombongan terdepan di P5.

Balapan bagi Rossi berakhir ketika Raja Sirkuit Mugello itu terjatuh di Tikungan 9 dan tak bisa melanjutkan balapan ketika masih menyisakan 16 putaran. Sepanjang akhir pekan ini Rossi kurang bersinar di sesi latihan bebas dan hanya mampu meraih P18 dari sesi kualifikasi.

Takaaki Nakagami mengamankan poin penting bagi LCR Honda di P5 diikuti oleh Maverick Vinales di P6. Pebalap uji Ducati Michele Pirro juga tampil mengesankan setelah finis P7 di depan Cal Crutchlow (LCR Honda). Pol Espargaro (KTM Factory) finis P9 mengungguli pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di peringkat 10 besar.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA