Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Quartararo Raih Pole Position di GP Catalunya

Sabtu 15 Jun 2019 21:55 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Quartaro berhasil mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 39,484 detik.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo berhasil memastikan posisi terdepan pada seri balapan GP Catalunya, Ahad (16/6) waktu setempat. Kepastian ini didapat usai pembalap asal Prancis itu menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi di Sirkuit Catalunya Barcelona, Sabtu (15/6).

Baca Juga

Quartaro berhasil mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 39,484 detik, saat melahap trek sejauh 4,6 kilometer. Ini merupakan pole position kedua Quartaro pada musim 2019. Sebelumnya, Quartaro mengawali start terdepan pada GP Spanyol di Jerez, awal Mei silam.

Sepanjang babak kualifikasi kedua, Quartararo mendapatkan perlawanan ketat dari juara bertahan, Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu pun akhirnya berada di posisi kedua, dengan selisih waktu 0,226 detik dari Quartararo. Sementara di posisi ketiga ditempati pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. 

Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli, berhasil menempati posisi keempat di grid kedua dengan catatan waktu 1 menit 39,711 detik. Sedangkan juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi, mesti puas berada di peringkat kelima. 

Sepanjang sesi latihan bebas, Quartararo mampu tampil dominan. Pada sesi latihan bebas keempat, salah satu pebalap debutan di pentas MotoGP ini menjadi yang tercepat, dengan catatan 1 menit 40 detik. Pebalap berusia 20 tahun itu pun terus menajamkan catatan waktunya di sesi kualifikasi pertama dan akhirnya menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi terakhir. 

Quartararo mengakui, semua pengaturan motor di sepanjang akhir pekan ini berjalan sempurna buat timnya. ''Saya tidak bisa berkata-kata lagi, meraih pole position di Barcelona. Saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya katakan. Kecepatan motor ini, sejak sesi pagi, hingga petang ini benar-benar luar biasa. Saya benar-benar puas dengan apa yang kami raih pada hari ini,'' ujar Quartararo seperti dikutip Crash, Sabtu (15/6).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA