Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Bakal dibuang Muenchen, Hummels Siap Balik ke Dortmund

Ahad 16 Jun 2019 01:45 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Indira Rezkisari

Mats Hummels

Mats Hummels

Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Dortmund dikabarkan siap kembali menerima Mats Hummels.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Petualangan Mats Hummels bersama Bayern Muenchen bakal segera berakhir. Bek tengah 32 tahun itu dikabarkan akan balik lagi ke Borussia Dortmund.

Baca Juga

Kontrak Hummels dengan FC Hollywood berakhir pada musim panas 2020/2021. Namun palang pintu tim nasional Jerman itu tidak masuk rencana Di Bayern selanjutnya.

Presiden Muenchen, Uli Hoennes bahkan menyarankan Hummels mencari tantangan baru. "Saat ini sang bek tengah bernegosiasi dengan Dortmund," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Ahad (16/6).

Hummels bukan orang baru bagi Dortmund. Pemain bernomor punggung lima itu pernah membela Die Borussen dalam tujuh musim.

Sejauh itu, ia tampil dalam 309 laga di berbagai ajang dan mencetak 25 gol. Pada 2016, Hummels menuju Muenchen.

Hingga ia membela Muenchen dalam 116 laga di berbagai ajang, dan mencetak delapan gol. Belakangan Hummels dinilai mengalami penurunan performa. "Tampaknya ia akan segera meninggalkan Muenchen," tambah laporan tersebut.

FC Hollywood juga bakal melepas satu nama lagi. Dia adalah Jerome Boateng. Inter Milan siap menampung pemain berdarah campuran Jerman-Ghana itu.

Dikutip dari Antara, Dortmund menunjukkan ketertarikan langkah tersebut dan pelatih Muenchen Niko Kovac juga dikabarkan telah menerima informasi dari pihak klub atas kemungkinan itu, demikian dilansir Sport Bild.

Hummels menjadi pilihan utama jawara Jerman itu musim 2018/2019, namun Muenchen telah mendapatkan Benjamin Pavard dari VfB Stuttgart dan Lucas Hernandez dari Atletico Madrid yang bisa mengancam posisi bek berusia 30 tahun tersebut. Ketertarikan Dortmund atas Hummels tentunya lahir dari kerapuhan lini belakang yang turut merusak peluang juara mereka di Liga Jerman 2018/2019, meski sempat berada di posisi terdepan untuk waktu yang cukup lama.

Hummels merupakan jebolan akademi Muenchen sebelum dipinjamkan ke Dortmund pada 2008 dan setahun berselang dipermanenkan dengan harga 4,2 juta euro (sekira Rp 67,7 miliar). Usai dua kali menjuarai Liga Jerman serta meraih satu trofi Piala Jerman, pada 2016 Hummels "pulang" ke Muenchen dengan mahar senilai 35 juta euro (sekira Rp 564,6 miliar).

Hummels bukan pemain pertama yang hijrah dari Dortmund ke Muenchen kemudian kembali ke Signal Iduna Park, Marco Reus juga melewati rute yang sama sebelumnya. Kepergian Hummels memang meninggalkan luka bagi Dortmund, namun sang CEO Hans-Joachim Watzke menegaskan pintu itu selalu terbuka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA