Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Kemenangan Timnas Brasil 'Direnggut' VAR

Rabu 19 Jun 2019 16:04 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Brasil Tite

Pelatih Brasil Tite

Foto: EPA-EFE/Fernando Bizerra
Tiga gol Brasil ke gawang Venezuela dianulir oleh wasit.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Brasil harus puas dengan hasil imbang tanpa gol saat melawan Venezuela, Rabu (19/6). Namun, yang membuat Brasil tak sepenuhnya menerima hasil tersebut adalah karena tiga gol yang dianulir oleh wasit, dengan dua di antaranya lewat video assistant referee (VAR).

Gol pertama yang dianulir oleh wasit adalah saat Roberto Firmino mencetak gol jelang babak pertama berakhir. Namun wasit menganggap penyerang Liverpool tersebut terlebih dulu melakukan pelanggaran.

Selanjutnya, giliran Gabriel Jesus yang harus merayakan gol tanpa diakui. Gol Jesus memang sah, namun Firmino yang memberikan assist telah berada dalam posisi offside. Jelang laga usai, Philippe Coutinho mencetak gol yang sempat dianggap gol oleh wasit.

Tapi lagi-lagi VAR seolah menjadi hantu bagi kemenangan tuan rumah. Karena gol tersebut terlebih dulu menyentuh tangan Firminho. Alhasil, Brasil harus puas dengan satu poin dalam laga kedua Grup A Copa America 2019 tersebut. Meski demikian, pelatih Brasil Tite, mengaku tak masalah dengan dua gol yang dianulir oleh VAR.

''Mereka (wasit) telah melakukan komunikasi yang tepat dengan dua gol. VAR benar. Jelas tidak ada yang perlu saya tuntut, kami dapatkan keadilan,'' ujar Tite dikutip dari AFP, Rabu (19/6).

Pelatih Venezuela Rafael Dudamel menilai, dalam pertandingan itu para pemainnya tidak menunjukkan kreativitas yang dibutuhkan. Ia menilai para pemainnya tampil gugup. Oleh karena itu, ia menyatakan harus memperbaiki permainan tim, khususnya dalam penyelesaian akhir. ''Kami tak memberikan kesulitan berarti untuk kiper lawan,'' ujar Dudamel.

Namun, Dudamel menyatakan performa Venezuela sudah hampir sempurna. Hanya saja hasil akhir masih belum berpihak pada timnya. Meskipun, ia mengatakan hasil lawan Brasil ini tidak akan berarti jika tak lolos kualifikasi fase grup.

Hasil imbang ini membuat Brasil tetap berada di puncak klasemen Grup A. Namun skuat Samba punya poin yang sama dengan Peru di peringkat kedua. Sementara, Venezuela berada di peringkat ketiga dengan dua poin dari dua hasil imbang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA