Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Piala Afrika, Zimbabwe Terinspirasi Ajax Amsterdam

Kamis 20 Jun 2019 17:30 WIB

Red: Bayu Hermawan

Masyarakat Mesir menyambut ajang Piala Afrika 2019

Masyarakat Mesir menyambut ajang Piala Afrika 2019

Foto: EPA
Zimbabwe akan menghadapi Mesir di pertandingan pertama Piala Afrika 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Zimbabwe terinspirasi oleh kiprah Ajax Amsterdam pada Liga Champions Eropa musim lalu, menjelang kiprah mereka pada Piala Afrika 2019. Zimbabwe akan langsung berhadapan dengan tuan rumah Mesir di laga perdana Piala Afrika, Jumat (20/6).

Salah seorang pemainnya, Tino Kadewere, mengaku mengikuti perjalanan Mohamed Salah dan Liverpool pada perebutan gelar juara Liga Premier. Penyerang Zimbabwe ini berniat memimpin timnya menjinakkan Salah pada pertandingan pembuka Piala Afrika besok.

Zimbabwe hanya empat kali tampil pada Piala Afrika yang partisipannya diperluas menjadi 24 negara. Sepanjang kiprahnya itu, Zimbabwe tak pernah lolos dari babak pertama. Tapi Kadewere amat optimistis Zimbabwe kali ini berbeda dengan Zimbabwe dua tahun silam yang hanya mampu mengemas satu poin dalam fase grup bersama Senegal, Tunisia dan Aljazair.

"Pada 2017 kami hanya punya sedikit pemain berpengalaman tetapi sekarang lebih banyak lagi dengan skuad muda. Ini generasi baru. Kami tampil bagus sekali sejak tahun lalu ketika kami bermain pada Piala Cosafa," ujarnya.

Kadewere yang menjadi salah satu pemain Zimbabwe yang bermain di Eropa mengaku terinspirasi oleh Ajax yang nyaris mencapai final Liga Champions setelah merobohkan raksasa Real Madrid dan Juventus yang diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo. "Kami ingin mengharumkan Zimbabwe dan bermain sebaik mungkin, Kalau bisa mencapai final," kata dia seperti dikutip AFP.

"Tak ada yang menyangka Ajax bisa lolos ke semifinal Liga Champions dan buktinya mereka melakukannya, dan mereka tinggal satu langkah saja menuju final. Mengapa juga Zimbabwe tak bisa mencapai final? Kita tak pernah tahu," ujarnya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA