Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Joao Felix dan Pemain Bintang yang Sukses di Usia Remaja

Sabtu 22 Jun 2019 23:03 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Andri Saubani

Joao Felix

Joao Felix

Foto: EPA-EFE/Fernando Veludo
Joao Felix saat ini sedang menjadi rebutan klub-klub raksasa Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Nama Joao Felix tiba-tiba langsung mencuat dalam bursa transfer musim panas kali ini. Striker Benfica tersebut saat ini sedang jadi rebutan klub-klub raksasa Eropa.

Pemain berusia 19 tahun itu disebut-sebut sedang menyelesaikan kepindahannya ke Atletico Madrid, dengan harga yang fantastis, yaitu 120 juta euro atau hampir Rp 2 triliun.  Padahal, Felix baru satu musim menjadi pesepak bola profesional, usai Benfica membawanya ke tim utama pada Agustus 2018.

Sebagai pemain remaja, Felix sudah dipercaya pada 43 pertandingan dan mencetak 20 gol. Itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain termahal dalam bursa transfer kali ini. Apalagi, Real Madrid dikabarkan siap mengeluarkan dana 130 juta euro, jika Los Rojiblancos tak segera menuntaskan transfer Felix.

Dikutip dari Marca, Sabtu (22/6), hanya Kylian Mbappe yang dapat menyaingi melejitnya karier seorang pemain remaja. Pemain internasional Prancis itu pindah dari Monaco ke Paris Saint-Germaint saat usianya masih 19 tahun dua musim lalu. Saat itu, Mbappe disebut-sebut dibeli PSG seharga 180 juta euro atau nyaris Rp 2,9 triliun.

Dengan bermain sebanyak 60 pertandingan dan mencetak 27 gol, Mbappe juga menjadi pemain dengan banderol termahal saat ini, dari seorang yang dulunya tak terkenal. Ada beberapa pemain yang juga pernah mengalami karier yang melejit di usia muda, walaupun tidak dibayar sebesar Felix dan Mbappe.

Ranaldo Nazario adalah salah satunya. Melakukan debut bersama Cruzeiro pada 1993, ia kemudian pindah ke PSV Eindhoven setahun kemudian dengan nilai transfer hanya 5,5 juta euro di usia 17 tahun. Namun performanya justru memuaskan, dengan mencetak 44 gol dari 47 pertandingan profesional.

Pada 2003, Cristiano Ronaldo meninggalkan Sporting CP di usinya 18 tahun, untuk bergabung dengan Manchester United, dengan transfer sebesar 19 juta. Sergio Aguero adalah bintang lainnya yang menjadi pemain bintang di usia muda, ketika pindah ke Atletico Madrid dari Independiente pada 2006. Di usia 18 tahun, Aguero sudah dibanderol sebesar 21,7 juta euro.

Pemain Argentina lainnya yang sukses di usia muda adalah Gonzalo Higuain, ketika pindah ke Real Madrid pada musim 2006/2007 seharga 12 juta euro. Padahal saat itu dirinya baru setahun melakon debut bersama River Plate, dan mencetak 15 gol dari 37 laga.

Karena itu, klub-klub Eropa saat ini sudah tak lagi bisa membeli pemain muda berbakat dengan harga murah. Mereka harus menyiapkan dana besar untuk bisa merekrut pemain muda. Kalau mau murah, maka klub harus mendekati pemain secara diam-diam. Karena jika sudah ada pesaing, maka harganya akan melejit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA