Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Raih Kemenangan Perdana, Venezuela akan Temani Brasil

Ahad 23 Jun 2019 06:06 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hasanul Rizqa

Logo Copa America 2019

Logo Copa America 2019

Foto: brands of the world
Raih kemenangan, Venezuela mengikuti Brasil ke perempat final Copa America 2019

REPUBLIKA.CO.ID, BELO HORIZONTE -- Berkat dua gol dari Darwin Machis dan satu gol dari Josef Martinez, Venezuela menyudahi perlawanan Bolivia. Skor berakhir untuk Venezuela 3-1 pada laga pamungkas babak penyisihan A Copa America 2019, Ahad (23/6) dini hari WIB.

Baca Juga

Kemenangan ini mengantarkan Venezuela merangsek ke peringkat kedua klasemen akhir Grup A dengan raihan lima poin dan menemani Brasil lolos ke babak perempat final Copa America 2019.

Sebelum laga yang digelar di Stadion Mineiro, Belo Horizonte, itu digelar, Venezuela berada di peringkat ketiga dan tertinggal dua poin dari Peru, yang duduk di peringkat kedua dengan raihan empat poin. Venezuela hanya bisa memetik dua poin dari dua laga awal penyisihan Grup A lantaran menelan dua kali hasil imbang.

Target untuk bisa memetik kemenangan perdana di ajang Copa America 2019 sekaligus memastikan lolos ke babak delapan besar dengan finish di peringkat kedua dicanangkan Venezuela di laga kontra Bolivia. Tim berjuluk La Vinotinto itu pun memulai laga dengan begitu apik. Laga baru berjalan dua menit, Venezuela sudah mampu unggul lewat sundulan gelandang serang Darwin Machis.

Gelandang berusia 26 tahun itu sukses memanfaatkan umpan lambung yang dilepaskan bek sayap Ronald Hernandez dari sisi kiri pertahanan Bolivia. Tertinggal satu gol, Bolivia mencoba untuk membalas. Namun, pertahanan solid yang ditampilkan Venezuela mampu meredam berbagai serangan Bolivia. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Venezuela, 1-0.

 

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kedua tim mulai tampil lebih terbuka. Venezuela akhirnya mampu memanfaatkan kelengahan para pemain Bolivia pada menit ke-55. Lewat serangan balik cepat, Machis sukses melewati dua pemain Bolivia dan kemudian melepaskan tendangan melengkung tanpa bisa dihalau kiper Bolivia.

Keunggulan dua gol ternyata membuat para penggawa Venezuela mengendurkan serangan. Kondisi ini coba dimanfaatkan Bolivia dengan mengendalikan permainan lewat penguasaan bola. Tercatat, Bolivia mampu unggul penguasaan bola mencapai 55 persen. Usaha tim berjuluk La Verde akhirnya menemui titik terang pada menit ke-85. Adalah Leonel Justiniano yang sukses merobek gawang Venezuela lewat sebuah tendangan dari luar kotak penalti.

Namun, kebangkitan Bolivia ini hanya bertahan selama satu menit. Pada menit ke-86, Venezuela kembali menambah keunggulan lewat gol sundulan Martinez. Gol ini sekaligus mengunci kemenangan Venezuela dan memastikan satu tempat di babak perempat final. Di babak delapan besar, Venezuela akan berhadapan dengan runner-up Grup B.

La Vinotinto pun memperpanjang rekor lolos ke fase perempat final sebanyak empat kali dalam lima edisi terakhir partisipasi mereka di Copa America. Sementara buat Bolivia, kekalahan ini membuat La Verde harus mengakhiri langkah di gelaran Copa America setelah gagal memetik satu poin pun dari tiga laga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA