Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Hamilton: Kami Menciptakan Sejarah Bersama

Senin 24 Jun 2019 06:22 WIB

Red: Ratna Puspita

Pembalap Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton

Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Hamilton meraih trofi juara keempatnya secara beruntun dan keenam kalinya musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lewis Hamilton tampil dominan di GP Prancis, Ahad (23/6), setelah menerjemahkan pole position yang dia raih di kualifikasi menjadi trofi juara di Sirkuit Paul Ricard. Hamilton memimpin lomba sejak awal dan finis pertama, 18 detik di depan rekan satu timnya, Valtteri Botta, yang menahan pembalap Charles Leclercyang berusaha menjadi runner-up.

Pembalap asal Inggris itu meninggalkan rival-rivalnya di belakang pada balapan dengan cuaca terik di Prancis bagian selatan itu untuk membawa pulang trofi juara keempatnya secara beruntun dan keenam kalinya musim ini. Trofi itu juga menjadi kemenangan Mercedes untuk kesepuluh kalinya secara beruntun, delapan balapan di awal musim ini dan dua balapan terakhir tahun lalu.

Baca Juga

"Kami menciptakan sejarah bersama dan aku bangga menjadi bagian tim ini," kata Hamilton seperti dikutip Reuters.

"Tidak mudah sama sekali dan semuanya terasa tegang. Aku mendapati dua ban depanku melepuh, tapi ini adalah start terbaik musim ini," kata Hamilton yang juga menang di Paul Ricard tahun lalu itu.

Juara dunia lima kali itu kini mengemas rekor 79 kemenangan di karirnya, terpaut 12 kemenangan dari Michael Schumacher dengan 13 balapan tersisa musim ini. Dengan hasil itu, Hamilton mengumpulkan 187 poin di puncak klasemen pembalap, sementara Bottas di peringkat dua dengan 151 poin.

Max Verstappen finis keempat untuk Red Bull mengungguli Sebastian Vettel yang finis kelima dengan tambahan satu poin karena mencetak waktu putaran tercepat pada dua lap terakhir berkat satu set ban baru. "Akhir pekan ini tujuan utamanya adalah memperkecil jarak sebisa mungkin dan kami gagal," kata Vettel yang sekarang terpaut 76 poin di belakang Hamilton.

"Kami harus memahami kenapa bagian-bagian yang kami bawa tidak bekerja dan semoga kami bisa mencoba lagi dan semoga trek di Austria pekan depan akan mendukung jalan kami."

Sementara itu, McLaren mengemas poin dari kedua pembalapnya di Prancis. Carlos Sainz tampil impresif untuk McLaren dan finis P6 di depan pebalap Renault Daniel Ricciardo. Sementara Lando Norris mengamnakan poin terakhir yang tersedia bagi McLaren di finis P10.

Kimi Raikkonen finis P8 untuk Alfa Romeo, diikuti oleh Nico Hulkenberg di P9 untuk Renault. Pembalap Racing Point Sergio Perez dan Lance Stroll finis P12 dan P13 di depan duo pebalap Toro Rosso Daniil Kvyat dan Alexander Albon.

Haas kembali mendapati hari yang berat ketika Kevin Magnussen hanya mampu finis P16 sementara rekan satu timnya, Romain Grosjean gagal menyelesaikan balapan. Sementara itu Antonio Giovinazzi, yang start dari peringkat 10 besar, melorot ke P17 dengan dua strategi pitstop yang diterapkan Alfa Romeo.

Williams masih terpuruk di peringkat buncit walaupun Robert Kubica untuk kali pertamanya finis di depan rekan satu tim, George Russell, yang berada di P19.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA