Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Dewan Kota Milan Masih Menentang Pembangunan Ulang San Siro

Rabu 26 Jun 2019 05:30 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza.

Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza.

Foto: EPA/GERNOT HENSEL
Pemerintah akan memikirkan nasib San Siro setelah Olimpiade Musim Dingin 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Inter Milan dan AC Milan yang memiliki kandang bersama di San Siro atau Giuseppe Meazza berencama membangun kandang baru dengan merobohkan stadion yang lama. Namun rencana besar itu tak mendapat dukungan maksimal.

Wali Kota Milan, Giuseppe Sala memiliki pemikiran lain. Berkaitan dengan penunjukkan kota mode sebagai tuan rumah olimpiade musim dingin pada 2026, ia menegaskan San Siro tidak boleh dihancurkan. Ia berharap upacara pembukaan olimpiade negara-negara subtropis berlangsung di arena berkapasitas 80.018 kursi itu.

"Jika Milan dan Inter memutuskan membangun stadion baru, saya hanya bisa mengatakan dua hal. Pertama, pembangunan tentu membutuhkan waktu. Kedua, kami adalah pemilik stadion (San Siro yang lama). Kami menjamin pada 2026, San Siro akan dibuka seperti biasa,," ujar Sala kepada Sky, Selasa (25/6).

Jelas, ada nuansa pertentangan. Pemerintah menentang rencana Rossoneri dan Nerazzurri untuk merobohkan bangunan berumur 93 tahun lebih itu. Dalam peryataan lanjutan, Sala menegaskan, akan memikirkan nasib San Siro setelah olimpiade.

Petinggi Milan Paolo Scaroni merespon ucapan sang wali kota. Ia memahami San Siro sebuah arena yang ikonik. Namun ia masih berharap jajaran pemerintah berubah pikiran. "Saya berharap bisa melihat olimpiade berlangsung di stadion baru yang akan kami bangun. Ada banyak alasan mengapa kami harus membangun stadion baru," ujarnya.

Scaroni mengakui hak untuk menentukan nasib San Siro yang lama ada di Dewan Kota Milan. CEO Nerazzurri, Alessandro Antonello menyatakan hal serupa. Ia ingin menjalin komunikasi dengan pemerintah lebih intens. Sehingga, apa yang menjadi target duo Milan bisa disampaikan dengan baik. "Kami akan menyampaikan gagasan kami kepada dewan. Kami akan memiliki arena baru yang mungkin juga siap untuk Olimpiade 2026," ujar Antonello.

Itulah San Siro. Banyak dinamika terjadi di arena tersebut dari pembangunan hingga menjelang purnanya. Namun sejuta kenangan terukir di sana.

Tak hanya dari sisi olahraga. Banyak gelaran musik pernah menggunakan San Siro sebagai arena konser. Sejumlah musisi kelas dunia seperti Bob Marley, Bob Dylan, David Bowie, Michael Jackson, The Cranberries, Red Hot Chili Peppers, U2, the Rolling Stones, Robbie Willims, Madona, Pearl Jam, Bon Jovi, Muse, hingga Cold Play sempat merasakan atmosfer San Siro.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA