Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

ITF Luncurkan Format Baru Peserta Piala Fed

Kamis 27 Jun 2019 22:18 WIB

Red: Israr Itah

Tim Piala Fed Republik Ceska. (ilustrasi)

Tim Piala Fed Republik Ceska. (ilustrasi)

Foto: EPA/ERIK S. LESSER
Pembagian hadiah Rp 169 miliar untuk pemain dan Rp 84 miliar untuk asosiasi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Tenis Internasional (ITF) meluncurkan format baru pertandingan Fed Cup dengan memperluas jumlah peserta dari delapan menjadi 20 negara untuk bersaing menjadi juara dunia setiap tahunnya. Selain itu, ITF juga memutuskan Budapest, Hungaria untuk menjadi tuan rumah Fed Cup oleh BNP Paribas selama tiga tahun untuk periode 2020-2022.

Seperti diumumkan di laman wtatennis.com, Kamis (27/6), 12 negara sudah memenuhi syarat untuk Final Piala Fed, yang selanjutnya akan ikut bersaing memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 254 miliar. Pembagian hadiah Rp 169 miliar untuk pemain dan Rp 84 miliar untuk asosiasi nasional.

Enam belas negara akan bersaing di kualifikasi Fed Cup 2020 pada 7-8 Februari dengan mekanisme kandang-tandang selama lima pertandingan untuk mendapatkan satu dari delapan posisi di partai final. Pemenang akan bergabung dengan finalis tahun sebelumnya, yaitu Prancis, Australia, tuan rumah Hungaria, dan satu negara wildcard yang akan diumumkan.

Sebanyak 16 negara berikut yang ditetapkan untuk mengikuti kualifikasi Fed Cup 2020, yaitu Belarus, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceska, Jerman, Inggris, Jepang, Kazakhstan, Latvia, Rumania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swiss, dan Amerika Serikat.

Partai final akan menampilkan format round-robin, yaitu setiap negara akan berhadapan dengan negara lainnya secara lengkap, dengan terdiri dari empat grup yang diisi tiga tim per grup. Dua negara teratas akan dijamin mendapat tempat di final tahun berikutnya, sementara negara-negara yang mencapai peringkat 3-10 akan bertarung pada kualifikasi tahun berikutnya.

Semua pertandingan akan terdiri dari dua tunggal dan satu ganda. Format baru ini disetujui oleh Dewan ITF setelah proses tinjauan dan konsultasi yang luas dengan asosiasi nasional, Asosiasi Tenis Wanita (WTA) dan Dewan Pemain WTA.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA