Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Bungkam Venezuela, Argentina Tantang Brasil di Semifinal

Sabtu 29 Jun 2019 05:17 WIB

Red: Israr Itah

Striker Argentina Lautaro Martine (tengah) merayakan golnya bersama Lionel Messi (kiri) dan Sergio Aguero.

Striker Argentina Lautaro Martine (tengah) merayakan golnya bersama Lionel Messi (kiri) dan Sergio Aguero.

Foto: EPA-EFE/Julio Cesar Guimaraes
Argentina tampil cukup impresif saat mengalahkan Venezuela 2-0 pada perempat final.

REPUBLIKA.CO.ID, RIODEJANEIRO -- Argentina tampil cukup impresif saat mengalahkan Venezuela 2-0 pada perempat final Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Sabtu (298/6) dini hari WIB. Kemenangan ini mengantarkan Argentina berhadapan dengan Brasil pada laga klasik Amerika Selatan di semifinal.

Baca Juga

Striker Lautaro Martinez mencetak gol pembuka Argentina pada babak pertama. Pemain pengganti Giovani Lo Celso memastikan kemenangan ARgentina pada paruh kedua.

Penampilan Argentina dikritik pada fase grup karena hanya memetik satu kemenangan atas Qatar (2-0) yang sekaligus memastikan tiket ke delapan besar. Sejumlah pihak memperkirakan laga bakal seru karena Venezuela, yang pernah kalah 0-11 dari Argentina di Copa America 1975, membuat kemajuan luar biasa. Negara yang didera krisis ekonomi ini mencapai final Piala Dunia U-20 pada 2017 di bawah pelatih Rafael Dudamel yang menangani tim senior saat ini. Venezuela juga tak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir mereka kontra Argentina, termasuk kemenangan 3-1 dalam pertandingan persahabatan Maret lalu.

Tetapi, Venezuela gagal memenuhi ekspektasi. Tomas Rincon dkk nyaris tidak masuk ke wilayah Argentina sebelum turun minum.

Argentina langsung memimpin pada menit ke-10 lewat gol Martinez. Penyerang Inter Milan membelokkan bola tendangan Sergio Ageuro dengan tumitnya, menyusul sepak pojok Lionel Messi. Setelah itu, tim Tango mengontrol permainan namun tak bisa menambah gol hingga babak pertama usai.

Argentina bisa menambah gol pada awal babak kedua ketika Martinez berlari menyambut umpan terobosan Leandro Paredes. Tetapi tendangannya hanya mengenai mistar gawang.

Venezuela kemudian mengambil inisiatif dengan mantra tekanan konstan. Tetapi Argentina menunjukkan konsistensi dalam pertahanan yang tak terlihat selama fase grup.

Lo Celso akhirnya mencetak gol kedua yang dibutuhkan Argentina pada menit ke-74, setelah ia menyambar bola tendangan Aguero yang tak bisa dihalau sempurna oleh kiper Venezuela Wuilker Farinez.

Hasil ini mengantarkan Argentina bertemu rival abadi di Amerika Selatan. Terakhir kali kedua tim bertemu pada final Copa America 2007, yang dimenangkan Brasil 3-0. Brasil melaju ke semifinal setelah mengatasi Paraguay 4-3 lewat dalam adu penalti setelah hasil imbang tanpa gol pada waktu normal.

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA