Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Vinales Raih Juara Pertamanya di Assen

Ahad 30 Jun 2019 21:44 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Maverick Vinales

Maverick Vinales

Foto: EPA-EFE/EDDY LEMAISTRE
Kemenangan Vinales sekaligus menjadi yang pertama bagi tim Yamaha pada 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, ASSEN -- Pembalap Tim Monster Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales sukses finis pertama pada seri MotoGP Belanda 2019 di Sirkuit Assen, Ahad (30/6). Ini juga merupakan kemenangan pertama tim Yamaha pada musim 2019

Vinales keluar sebagai pemenang dalam pertarungan tiga arah yang mendebarkan dengan Marc Marquez dan Fabio Quartararo di Assen. Balapan dimulai dengan pasangan tim Suzuki pada posisi pertama dan kedua. Alex Rins memimpin sang pendatang baru Joan Mir.

Namun, harapan tim pupus dengan cepat saat Rins terjatuh di tikungan sembilan pada lap ketiga. Tak lama kemudian, Mir melakukan kesalahan dan Quartararo mengambil kesempatan untuk bergerak ke depan, dengan Vinales dan Marquez di posisi dua dan ketiga.

Saat Vinalez terlalu melebar, Marquez berhasil mengambil posisi kedua dan terus menekan Quartararo. Pria asal Prancis itu tampak berjuang dengan Yamaha-nya. Motornya sempat bergetar beberapa kali di jalan lurus, Marquez akhirnya bisa bergerak di sekelilingnya di tikungan enam.

Namun Marquez membuat kesalahan pada tikungan berikutnya, hal itu memungkinkan Quartararo untuk kembali memimpin. Di samping itu, Vinalez sudah membayangi Marquez, namun masih belum menemukan celah untuk melakukan pergerakan. Pembalap asal Spanyol itu akhirnya menemukan jalan keluar saat Marquez melakukan kesalahan.

Vinales kemudian mengambil keuntungan saat motor Quartararo kembali bergoyang. Vinales pun mengambil alih pimpinan dengan mudah. Kesalahan Quartararo juga dimanfaatkan oleh Marquez dengan mengambil posisi kedua. Marquez mulai bersaing dengan duo Yamaha tersebut.

Selanjutnya, kesalahan kedua Vinales memungkinkan Marquez mengambil tempat pertama, namun keunggulannya lagi-lagi hanya berumur pendek karena saingannya mengambil langkah yang mengesankan dengan tangan kanannya. Vinales kemudian memperpanjang keunggulannya menjadi setengah detik, dan tetap membuat jarak antara dia dan Marquez selama beberapa lap.

Tetapi dengan tiga menit tersisa, Vinales akhirnya mengambil jeda lebih dari satu detik dan Marquez tidak bisa melawan balik. Vinales akhirnya melewati garis finis dengan selisih 4,8 detik, mencetak kemenangan pertamanya dan Yamaha sejak balapan tahun lalu di Phillip Island.

Marquez finis di urutan kedua, mengantongi podium ketujuh tahun ini dari delapan balapan. Ia memperpanjang keunggulan kejuaraannya menjadi 44 poin atas pembalap Ducati Andrea Divizioso. Sementara, Quartararo finis di urutan ketiga dengan selisih 9,7 detik dan mengamankan posisi tiga terbaik kedua berturut-turut.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA